Penerbit Andi sebagai penerbit mayor sudah menerbitkan buku dengan banyak kategori antara lain buku anak, buku bisnis, buku pertanian, buku fiksi, novel, buku pengembangan diri dan buku teks. Agar buku-buku yang diterbitakan tersebut dikenal dan dibeli oleh konsumen perlu menerapkan strfategi pemasaran buku. Strategi pemasaran tersbeut dipengaruhi oleh faktor mikro dan makro. Faktor mikro meliputi :
a. perantara
b. pemasok
c. pesaing
d. masyarakat
Sedangkan faktor makro yang meliputi
a. demografi
b. ekonomi
c. politik
e. hukum
f. teknologi
g. fisk
i. sosial budaya
Penerbit Andi tidak asing ditelinga saya. Kantor pusatnya yang berada di Jogja cukup dekat dengan tempat saya ngampus dulu. Sampai saat ini ternyata sudah berkarya selama 40 tahun dengan menerbitkan berbagai kategori buku. Usia yang boleh dikatakan sudah senior dalam industri penerbitan. Saya mendadak jadi ingat ketika saya masih sekolah dulu beberapa kali mendapat notes kotak kecil dari tetangga saya yang bertuliskan Penerbit Andi Offset.
Malam ini begitu luar biasa bisa mendapat sharing ilmu dari Bapak Agus selaku direktur pemasarannya. Tentu sebuah pencapaian yang luar biasa. Untuk mendukung keeksisan dalam isndutri penerbitan buku, Penerbit Andi tentu juga menerapkan strategi pemasaran yang jitu yang terbagi dalam 2 strategi yakni :
a. Strategi serangan udara (online)
Pentingnya transformasi digital karena dampak dari pandemi telah mengubah dunia menjadi saatnya interaksi yang meminimalkan sentuhan. Pandemi mengubah segala hal yang ada. Maka strategi yang digunakan adalah strategi digital marketing. Manfaat adanya digital marketing adalah:
- biaya lebih murah
- daya jangkauan sangat luas
- mudah menentukan target pasar buku
- lebih mudah berkomunuikasi
- lebih cepat populer
- sangat membantu meningkatkan penjualan
- mudah dievalusasi
- cepat dikemabangkan
Dalam strategi online terus dilakukan dengan menyebarkan infomasi yang seluas-luanya. Dengan strategi online ini diharapkan mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang lama, menjaga kestabilan penjualkan saat kondidi pandemi, menaikkan profit dengan sistem online, dan juga membentuk citra produk.
b. Strategi selanjutnya adalah dengan strategi pemasaran buku melalui komunitas. Melalui komunitas akan lebih efektif dan efisien kucinya harus proaktif dan menjaga integritas.
c. Strategi serangan darat /offline
Strategi ini dilakukan dengan memetakan wilayah, dengan mmebuka tiap-tiap cabang di tempat strategis.
Selain itu Penerbit Andi juga memasarkan lewat toko buku Gramedia yang ada di seluruh Indonesia. Untuk toko buku non Gramedia terbagi dalam 3 kategori yaitu toko buku modern, toko buku semi modern serta tradisional. Strategi pemasaran di buku dengan membuat display yang menarik dan strategi potongan harga. Selain itu harus proaktif menawarkan buku. Yang dipasarkanpun hal yang sedang hangat dicari. Untuk menentukan tema yang update misalnya dengan memakai google trend. Sebagai contoh tentang AKM.
d. Strategi sistem directselling
Strategi ini dilakukan dengan cara memetakan berdasarkan jenis kategori buku.
Di akhir pertemuan Pak Agus memberikan clossing statement : banyak strategi pemasaran yang dapat kita lakukan, asalkan terus berusaha dan tekun untuk berkarya melalui tulisan. Juga menuliskan kata-kata mutiara " Jangan pernah ragu meniru penulis lain. Setiap seniman yang tengah mengasah keterampilannya membutuhkan model. Pada akhirnya, Anda akan menemukan gaya sendiri dan menanggalkan kulit penulis yang Anda tiru"
Salam Literasi,
Rofiana
10 Komentar
Wow, tulisan yang luar biasa bu. mantap, enak dibacanya.
BalasHapussemangat berkarya, semangat menginspirasi
Terimaksih Mas Mift yang selalu hadir di blog saya...hehe,..
HapusMantap. Tulisan Ibu gercep
BalasHapusTerimaksih Bund Sriwati..mengikuti jejak njenengan...hehe..
HapusMantap. Semangat terus nih. Luar biasa
BalasHapusTerimakasih Bund Aam selalu hadir di blog saya...biar bis tidur nyenayk setor resume dulu..hehe..
HapusLuar biasa bu...semangat selalu bikin resumenya...selalu jadi yg pertama
BalasHapusSaya bukan yang pertama kog Pak..hehe..udah duluan Bu Atik dan Bu Aam..
HapusMantap bin keren tulisan. Enak dibacanya dan menginspirasi. Selamat berkarya dan tetap semangat. Good job.
BalasHapusMasyaallah... mantap dan keren selalu Bu Rofiana. Semangat dan karya yang luar biasa. Sangat menginspirasi.
BalasHapus