Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

Sosis Kenal Rumbel 6 "Berkenalan dengan Fitur-Fitur Rumah Belajar untuk Pembelajaran"

 Sosis Kenal Rumbel 6

"Berkenalan dengan Fitur-Fitur Rumah Belajar untuk Pembelajaran"



"Sambil menyelam minum air" agaknya pepatah ini sangat pas untuk menggambarkan kegiatan Sosis Kenal Rumbel 6 yang sudah saya laksanakan dengan tema "Berkenalan dengan Fitur-Fitur Rumah Belajar untuk Pembelajaran". Pagi itu Sabtu, 6 November 2021 saya melajukan sepeda motor kesayangan saya menyusuri rute yang tidak biasa saya lewati. Pagi itu saya menuju Grand Rohan Jogja untuk mengikuti kegiatan Lokakarya 3 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 3 Kab. Bantul. Dalam benak saya pokoknya nanti Sosis Kenal Rumbel saya harus jadi terlaksana dan bisa berbagi kepada teman-teman peserta Lokakarya 3 PGP Kab. Bantul. 


Sehari sebelum Lokakarya saya juga telah mencoba berkomunikasi dan meminta ijin kepada Pengajar Praktik (PP) saya untuk ikut "dompleng" Sosis Kenal Rumbel 6 di sela-sela kegiatan Lokakarya PGP. PP saya menjawab "coba lihat sikon besok ya!". Dalam hati berharap kegiatan saya bisa terlaksana. Apalagi pagi itu saya mampir ke sekolah untuk presensi paket kaos dan rompi Rumah Belajar sudah saya terima. Tambah semangat kah? Ya iya lah masa enggak? 


Acara Lokakarya pada pukul 08.00 WIB segera dimulai dengan melaksanakan sesi demi sesi kegiatan seperti jadwal yang telah dishare beberapa hari sebelumnya. Pada saat coffe break saya mencoba ijin untuk sosis ternyata belum diperbolehkan karena cukup padatnya sesi. Nah... Alhamdulillah baru pada pukul 11.30 WIB barulah saya diberikan waktu dan kesempatan untuk menyampaikan sosialisasi Rumah Belajar. Seperti biasa saya memaparkan portal rumah belajar beserta fitut-fitur utama serta pendukungnya. Bagaimana cara mengakesnya dan bagaimana cara bergabung di Rumah Belajar. 

Pada sosilaisasi kemarin harus saya sampaikan secara singkat padat dan berisi mengingat saya diberi waktu pada jam-jam rawan panggilan perut dan saatnya beribadah sholat luhur. Peserta Lokakarya yang berada di kelas D (kelas yang saya ikuti) sejumlah 26 orang yang terdiri dari 2 guru pengajar praktik, 2 pengawas, 11 kepala sekolah dari tingkat PAUD/TK sampai tingkat SMA, serta 11 orang Calon Guru Penggerak angkatan 3 Kab.Bantul termasuk saya. Di akhir pemaparan saya ada peserta yang menanyakan lebih lanjut tentang detail pemanfaatn sumber belajar dan bank soal serta blog pena. Dan sudah saya jawab, lebih lanjut saya ajak berbincang di sela-sela istirahat. 



Begitulah pelaksanaan Sosis Kenal Rumbel 6 saya kemarin. Sambil menyelam minum air, sambil mengikuti kegiatan Lokakarya 3 PGP saya juga bisa melaksanakan amanah untuk berbagi tentang platform Rumah Belajar yang dapat diakses di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Tak lupa saya juga berpesan untuk membagikan informasi yang saya sampaikan kepada rekan-rekan guru di sekolah masing-masing. Indahnya berbagi dan berkolaborasi. Semangat berbagi jangan mengendap di diri sendiri. 

Indahnya berbagi dan berkolaborasi. Semangat berbagi agar tak mengendap di diri sendiri.


#pembatik
#pembatiklevel4
#pusdatin
#rumahbelajar
#dutarumahbelajar
#inspirasijogjaistimewa


Posting Komentar

0 Komentar