5 Be Bersama Rumbel 7 dengan Bapak Ibu Guru SMPN 5 Banguntapan
Pada pelaksanaan 5 Be Bersama
Rumbel yang memasuki bagian ke 13 ini, saya melaksanakan kegiatan berbagi dan
berkolaborasi dengan Bapak Ibu Guru dan karyawan dengan lintas jenjang yakni di
SMP N 5 Bnaguntapan. Saya memberanikan diri untuk berbagi di SMP, jika ada
kesempatan mengapa tidak dimanfaatkan ya? Sebelum pelaksanaan saya memohon ijin
kepada Ibu kepala sekolah yang kebetulan merupakan teman Guru Penggerak Kab. Bantul.
Saya memohon ijin via WA saja, Alhamdulilah mendapat respon dan tanggapan yang
baik. Dengan senang hati Kak Upik begitu saya menyapanya, kepala sekolah SMP N
5 Banguntapan memberikan kesempatan kepada saya. Alhamdulillah diberikan ruang
dan waktu untuk sesi berbagi.
Sesi 5 Be Bersama Rumbel 13 ini
terlaksana pada hari Jumat, 28 Oktober 2022 yang bertepatan dengan hari sumpah
pemuda. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB – selesai dengan bertempat
di ruang laboratorum IPA. Sebenarnya saya juga bebarengan ada jadwal kuliah
hari itu dan ditambah kondisi badan yang kurang fit awalnya membuat saya agak
ragu. Namun karena sebuah komitmen dan tanggung jawab, maka saya tetap
berangkat ke SMP N 5 Banguntapan. Alhamdulillah cuaca juga cerah juga mendukung
hari itu.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh 22
orang guru dan karyawan SMP N 5 Banguntapan. Kegiatan pengimbasan praktik baik
ini dibagikan dengan harapan dapat menjadi sebuah inspirasi dan bahan sharing
dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi.
Sama halnya saat saya berbagi kepada bapak ibu gueu sebelumnya, dalam kesempatan ini saya membagikan praktik baik pembelajaran yakni “Penerapan Model PjBL dalam Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Memanfaatkan Portal Rumah Belajar, Radio Edukasi dan Poster Canva For Education”. Dalam kegiatan ini saya memaparkan alasan mengapa kita perlu melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana strategi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana peaksanaan di kelas? Seperti apa diferensiasi proses, konten dan produknya. Di sela-sela presentasi saya menanyakan apakah ada yang sudah mengenal Rumah Belajar, PembaTIK. Ternyata ada salah satu guru yang sudah pernah ikut PembaTIK namun hanya sampai level 2. Saya berikan semangat dan motivasi. Beberapa guru juag sudah pernah memanfaatkan Rumah Belajar ini namun pada masa daring.
Proses pembelajaran yang
berkaitan dengan diferensiasi proses saya memilih strategi membagi murid
menjadi 3 kelompok besar berdasarkan gaya belajarnya yakni murid dengan gaya
belajar visual proses pembelajaran memahami materi dengan konten berupa video
yang diambil dari sumber belajar Rumah Belajar Pusdatin Kemendikbudristek.
Murid dengan gaya belajar auditori dalam proses belajarnya mendengarkan audio
yang diputar dari Radio Edukasi yang merupakan sumber belajar lainnya dari
Rumah Belajar Pusdatin Kemendikbudristek. Murid dengan gaya belajar kinestetik
proses belajarnya dengan mengeksplore sumber belajar dari poster-poster yang
dibuat oleh guru dengan aplikasi Canva For Education yang ditempel di dinding
kelas. Pada saat pembelajaran saya memantau tersampaikannya materi dan meminta
murid untuk mencermati, menulis dan mendiskusikan dengan teman sebangkunya
terkait materi yang dipelajari.
Pembelajaran berdiferensiasi
dinilai mampu melayani kebutuhan belajar yang berbeda. Pembelajaran yang
berlangsung akan menarik, inovatif dan menyenangkan akan membuat anak senang,
tertarik dan tertantang untuk mengikuti pembelajaran. Selain itu siswa akan
lebih mudah memahami materi berdasarkan geya belajar masing-masing sehingga pembelajaran
menjadi lebih bermakna. Kegiatan berbagi semacam ini akan terus kami laksakanan
sebagai upaya meningkatkan pembelajaran yang kami lakukan yang pada akhirnya
akan bemanfaat untuk siswa.
Di sesi tanya jawab ada yang menanyakan
praktik baik yang dikaitkan dengan penulisan PTK serta ada yang mengkonfirmasi Kembali
pemahaman tentang diferensiasi proses yang ada dalam praktik pembelajaran yang
saya laksanakan.
Saya juga memaparkan tentang optimalisasi
akun belajar.id yang sudah SSO serta pemanfaatan PMM yang kian hari bertambah topik
yang dipelajari.
Indahnya berbagi dan
berkolaborasi. Semangat berbagi agar tak mengendap di diri sendiri !
"Berkolaborasi dan
Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar"
#PusdatinKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2022
#DutaTeknologiKemendikbudristek
#RumahBelajar2022
#PlatformMerdekaMengajar
#BerbagiTIK
0 Komentar