Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

5 Be Bersama Rumbel 13

 5 Be Bersama Rumbel 7 dengan Bapak Ibu Guru SMPN 5 Banguntapan

 

Pada pelaksanaan 5 Be Bersama Rumbel yang memasuki bagian ke 13 ini, saya melaksanakan kegiatan berbagi dan berkolaborasi dengan Bapak Ibu Guru dan karyawan dengan lintas jenjang yakni di SMP N 5 Bnaguntapan. Saya memberanikan diri untuk berbagi di SMP, jika ada kesempatan mengapa tidak dimanfaatkan ya? Sebelum pelaksanaan saya memohon ijin kepada Ibu kepala sekolah yang kebetulan merupakan teman Guru Penggerak Kab. Bantul. Saya memohon ijin via WA saja, Alhamdulilah mendapat respon dan tanggapan yang baik. Dengan senang hati Kak Upik begitu saya menyapanya, kepala sekolah SMP N 5 Banguntapan memberikan kesempatan kepada saya. Alhamdulillah diberikan ruang dan waktu untuk sesi berbagi.

Sesi 5 Be Bersama Rumbel 13 ini terlaksana pada hari Jumat, 28 Oktober 2022 yang bertepatan dengan hari sumpah pemuda. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB – selesai dengan bertempat di ruang laboratorum IPA. Sebenarnya saya juga bebarengan ada jadwal kuliah hari itu dan ditambah kondisi badan yang kurang fit awalnya membuat saya agak ragu. Namun karena sebuah komitmen dan tanggung jawab, maka saya tetap berangkat ke SMP N 5 Banguntapan. Alhamdulillah cuaca juga cerah juga mendukung hari itu.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 22 orang guru dan karyawan SMP N 5 Banguntapan. Kegiatan pengimbasan praktik baik ini dibagikan dengan harapan dapat menjadi sebuah inspirasi dan bahan sharing dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi.

Sama halnya saat saya berbagi kepada bapak ibu gueu sebelumnya, dalam kesempatan ini saya membagikan praktik baik pembelajaran yakni “Penerapan Model PjBL dalam Pembelajaran Berdiferensiasi  dengan Memanfaatkan Portal Rumah Belajar, Radio Edukasi dan Poster Canva For Education”. Dalam kegiatan ini saya memaparkan alasan mengapa kita perlu melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana strategi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana peaksanaan di kelas? Seperti apa diferensiasi proses, konten dan produknya. Di sela-sela presentasi saya menanyakan apakah ada yang sudah mengenal Rumah Belajar, PembaTIK. Ternyata ada salah satu guru yang sudah pernah ikut PembaTIK namun hanya sampai level 2. Saya berikan semangat dan motivasi. Beberapa guru juag sudah pernah memanfaatkan Rumah Belajar ini namun pada masa daring.

Proses pembelajaran yang berkaitan dengan diferensiasi proses saya memilih strategi membagi murid menjadi 3 kelompok besar berdasarkan gaya belajarnya yakni murid dengan gaya belajar visual proses pembelajaran memahami materi dengan konten berupa video yang diambil dari sumber belajar Rumah Belajar Pusdatin Kemendikbudristek. Murid dengan gaya belajar auditori dalam proses belajarnya mendengarkan audio yang diputar dari Radio Edukasi yang merupakan sumber belajar lainnya dari Rumah Belajar Pusdatin Kemendikbudristek. Murid dengan gaya belajar kinestetik proses belajarnya dengan mengeksplore sumber belajar dari poster-poster yang dibuat oleh guru dengan aplikasi Canva For Education yang ditempel di dinding kelas. Pada saat pembelajaran saya memantau tersampaikannya materi dan meminta murid untuk mencermati, menulis dan mendiskusikan dengan teman sebangkunya terkait materi yang dipelajari.

Pembelajaran berdiferensiasi dinilai mampu melayani kebutuhan belajar yang berbeda. Pembelajaran yang berlangsung akan menarik, inovatif dan menyenangkan akan membuat anak senang, tertarik dan tertantang untuk mengikuti pembelajaran. Selain itu siswa akan lebih mudah memahami materi berdasarkan geya belajar masing-masing sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kegiatan berbagi semacam ini akan terus kami laksakanan sebagai upaya meningkatkan pembelajaran yang kami lakukan yang pada akhirnya akan bemanfaat untuk siswa.

Di sesi tanya jawab ada yang menanyakan praktik baik yang dikaitkan dengan penulisan PTK serta ada yang mengkonfirmasi Kembali pemahaman tentang diferensiasi proses yang ada dalam praktik pembelajaran yang saya laksanakan.

Saya juga memaparkan tentang optimalisasi akun belajar.id yang sudah SSO serta pemanfaatan PMM yang kian hari bertambah topik yang dipelajari.

 

Indahnya berbagi dan berkolaborasi. Semangat berbagi agar tak mengendap di diri sendiri !

 

"Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar"

 

#PusdatinKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2022

#DutaTeknologiKemendikbudristek

#RumahBelajar2022

#PlatformMerdekaMengajar

#BerbagiTIK

 

Posting Komentar

0 Komentar