5 Be Bersama Rumbel 9
Kolaborasi Model PjBL dan Peta Budaya Rumbel dalam Karya Buklet Keragaman Budaya di DIY
Alhamdulillah...tak terasa sampai pada kegiatan 5 Be Bersama Rumbel ke-9 yang kemarin saya laksanakan dengan melibatkan murid-murid saya kelas V B untuk belajar, berproses, berbagi berkolaborasi dan bertransformasi bersama Rumbel yakni dengan melaksanakan praktik baik pembelajaran "Kolaborasi Model PjBL dan Peta Budaya Rumbel dalam Karya Buklet Keragaman Budaya di DIY". Kegiatan ini terlaksana pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022 di ruang kelas V B SD Negeri Pungkuran. KelasV B ini merupakan kelas di mana saya menjadi wali kelasnya.
Sebelum pelaksanaan praktik baik pembelajaran ini saya membuat kesepakatan kelas bersama murid-murid saya tentang apa saja alat dan bahan yang dipersiapkan. Sebelumnya pada hari Rabu murid sudah pernah saya minta untuk membawa HP ke sekolah dengan seijin orang tua. Begitu juga dengan pelaksanaan pembelajaran untuk hari Sabtu juga saya perbolehkan membawa HP untuk belajar bersama Rumah Belajar. Fitur utama yang akan membantu murid dalam menyelesaikan proyek pembuatan buklet adalah fitur Peta Budaya.
Pada kesempatan kali ini saya memfasilitasi murid untuk mendapatkan pangalaman belajar membuat buklet keragamn budaya yang ada di Yogyakarta. Murid diberikan kebebasan untuk menemukan dan mencari sebaynyak-banyaknya keragaman budaya dan juga kearifan lokal khas Yogyakarta. Ada yang mencari tentang makanan khas Yogyakarta, bangunan bersejarah di Yogyakarta, upacara adat di Yogyakarta, kesenian di Yogyakarta, dan permainan tradisional khas Yogyakarta. Murid dipersilahkan untuk memilih mana yang akan dijadikan sebagai bahan pembuatan buklet keragaman budaya di DIY.
Pada saat pelaksanaan di kelas, saya melaksanakan sintaks-sintaks yang ada pada model PjBL yakni
a. Pertanyaan mendasar
b. Mendesain proyek
c. Menyusun jadwal pembuatan proyek
d. Memonitor dan memantau perkembangan proyek
e. Menguji hasil
f. Evaluasi
Dalam mendesain proyek dan menyusun jadwal pembuatan saya libatkan murid secara penuh. Setelah ada kesepakatan tentang desain proyek dan juga jadwal anak-anak kemudian membuka gawai masing-masing untuk mengeksplore fitur Peta Budaya dengan melihat terlebih dahulu keanekaragaman budaya yang ada di seluruh Indonesia baru kemudian mengeksplore Pulau Jawa dan DIY. Anak-anak saya minta untuk membaca uraian materi yang disajikan dalam fitur Peta Budaya. Ketika mengklik DIY anak-anak menemukan tentang bangunan bersejarah, upacara adat, warisan budaya dan juga kesenian.
Setelah anak-anak mendapatkan inspirasi dari kegiatan mereka eksplore Peta Budaya kemudian anak-anak menyelesaikan proyeknya yakni membuat buklet tentang keragaman budaya di Yogyakarta. Anak-anak mengelompokkan gambar-gambar berdadarkan jenis keragaman budayanya. Ada yang dikelompokkan makanan tradisional, permaianan tradisional, bangunan bersejarah, upacara adat serta kesenian. Gambar-gambar yang sudah disiapkan tersebut digunting dan diberi judul apa nama benda/kegiatan yang ada di dalam gambar.
Dalam satu buklet ada 1 jenis keragaman yang dibuat menarik dan diberi hiasan oleh murid. Setelah selesai anak-anak diminta untuk menukar bukletnya dengan buklet temannya dan mengecek hasil pembuatan bukletnya (menguji hasil). Setelah semua menyelesaikan proyeknya murid diminta untuk mempresentasikan hasilnya di depan kelas dan meminta murid lain untuk menanggapi.
Kegiatan praktik baik ini juga merupakan upaya saya agar anak-anak mengenali dan tahu apa saja keanekaragaman budaya yang ada di Yogyakarta. Hal ini dikarenankan belum semua keragaman budaya di Yogyakarta khususnya diketahui oleh murid. Harapannya setelah tahu dan kenal murid-murid akan cinta dan bangga dengan budaya lokalnya.
Di akhir kegiatan pembelajaran murid dan guru menyimpulkan dan melakukan refleksi terhadap pembelajaran pada hari itu.
Belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja...
Indahnya berbagi dan berkolaborasi. Semangat berbagi agar tak mengendap di diri sendiri !
"Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar"
#PusdatinKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK202
#DutaTeknologiKemendikbudristek
#RumahBelajar2022
#PlatformMerdekaMengajar
#BerbagiTIK
0 Komentar