Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

Pelatihan Belajar di Mana Saja dengan Google for Education

Beberapa hari yang lalu saya mendaftar pada pelatihan G Suite For Education yang diselanggarakan oleh P4TK Bahasa. Kuota yang tersedia hanya 200 kursi saja. Pelatihan dilaksanakan sebanyak 3 kali secara virtual melalui google meet pada tanggal 29,30 Desember 2020 dan 2 Januari 2021. Sebelum pelatihan peserta mendapatkan email yang berisi undangan pelatihan. Email dikirim melalui email pribadi peserta dan email belejar.id jika sudah diaktifkan. Pelatihan ini mendukung program dari Kemendikbud yang memberikan akun G Suite /google suite kepada guru, kepala sekolah, tenaga administrasi maupun siswa untuk mendukung kelancaran PJJ dalam masa pandemi ini. Setiap guru, kepala sekolah, tenaga administrasi maupun siswa msing-masing diberikan akun belajar.id yang sudah by name. Untuk mengaktifkan dan memanfaatkannya kita cukup menghubungi operator sekolah untuk mendwonload akun tersebut kemudian mengaktifkan. Akun G Suite ini memiliki keunggulan dibanding akun google biasa.  Fitur yang ditawarkan lebih lengkap dan beragam serta mempunyai proteksi yang lebih. Dengan slogannya "Belajar di Mana Saja dengan Google for Education" memungkinkan guru lebih mudah dalam mengelola pembelajaran dalam masa pandemi ini. 

Pelatihan pada hari pertama di sampaikan materi mengenai pengenalan akun G Suite for education, mengelola file di google drive serta berkolaborasi di google docs dan slides. Dalam pelatihan ini secara bersamaan setelah penyampaian materi peserta diminta mmepraktekkan secara langung. Terutama yang kolaborasi. Pada hari pertama kemarin peserta telah mempraktekan kolaborasi untuk mengisi biodata dengan menambahkan foto dan identitas lain. Setelah itu praktek berkolaborasi dalam google doc dan google slide. Ada juga tugas yang harus diselesaikan peserta yang dikirm melalui email belajar.id. 

Pada hari kedua tadi materi yang disampaikan yakni mengenai pembuatan survey/ ujian melalui fitur google form yang ada pada akun belajar.id, mengenal google meet dan juga mengenal google calendar. Setiap peserta diminta untuk membuat survey melalui google form dan juga mencoba menjadwalkan meet pada fitur calendar.


#150katabercerita  #AISEIWritingChallenge

#Dec30AISEIWritingChallenge

Posting Komentar

2 Komentar