Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

Semangat Berbagi dan Berkolaborasi 5

Semangat Berbagi dan Berkolaborasi 5

Bimtek Optimalisasi Akun Belajar.id dan Gerakan Menghijaukan PMM 

Bersama Dikpora Kab. Bantul

Semangat Berbagi dan Berkolaorasi berikutnya adalah ketika saya berkolaborasi dengan tim GMT (Google Master Trainer) Kabupaten Bantul dan Dikpora Kab.Bantul dalam kegiatan Bimtek Pemanfaatan Akun Belajar.id dan Paltform Merdeka Mengajar. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari audiensi yang sebelumnya saya juga ikuti. Sasaran dari kegiatan ini adalah kepala sekolah dan OPS jenjang SD dan juga SMP se-Kabupaten Bantul. 

Kegiatan ini difasilitasi dan didukung penuh oleh Dikpora Kabupaten Bantul. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring selama 6 hari. Kegiatan ini merupakan hal yang baru bagi saya. Sebelum terlaksana kegiatan ini kami adakan koordinasi melalui googlemeet. Walaupun sebelumnya juga sudah berkomuniaksi secara intens melalui group WA. Dan yang menarik bagi saya adalah ketika saya bertugas membuat seragam untuk kegiatan ini. Pengalaman baru tentunya. Sebelum hari H pelaksanaan saya bersama teman satu tim kecil/tim kelas bertemu secara luring untuk membahas pembagian tugas agar pada pelaksanaan akan berjalan lancar sesuai harapan. 

Saya bertugas sebagai narasumber dan pendamping dalam aktivasi akun belajar.id, reset password akun belajar.id dan juga mendampingi pemanfaatan PMM terutama pada fitur pelatihan mandiri hingga aksi nyata. Saya memberikan contoh dan melakukan pendampingan bagaimana cara melaksanakan dan mengunggah aksi nyata pada PMM. Saya lebih banyak memaparkan materi tentang PMM. 

Pada tugas pertama hari Senin, 15 Agustus saya bersama tim ada Bu Harsi dan juga Bu Ratri mendapatkan tugas ada sesi 1 yakni di kelas A dengan audiens kepala sekolah dan juga OPS SD dari Korwil Pleret dan Korwil Bantul. Pada tugas kedua saya mendapatkan tugas membersamai kepala sekolah dan OPS jenjang SMP Sewon, Pleret dan Kasihan. 

Kesempatan ini merupakan pengalaman baru bagi saya. Dahulu mungkin tidak pernah terpikirkan bahwa saya bisa berbicara di depan umum untuk berbagi ilmu dan informasi. Kesulitan yang saya hadapi beberapa peserta (kepala sekolah) akan memasuki masa pensiun sehingga mempunyai keterbatasan dalam penggunaan IT. Hal tersebut berdampak target pelaksanaan kegiatan tidak selesai tepat waktu.

Dalam kegiatan tersebut saya mengajak peserta bimtek untuk segera menghijaukan PMM dan membagikannya pada rekan-rekan sejawat lain. Dalam kegiatan ini juga membuat saya bertemu dengan teman-teman lama saya yang tentu saja menambah silaturahmi dan persaudaraan yang merupakan rejeki bagi saya. 

 Indahnya berbagi dan berkolaborasi...

 Semangat berbagi agar tidak mengendap di diri sendiri...

 

Posting Komentar

0 Komentar