Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

2B Bersalogi bersama Bapak Ibu Guru Hebat SD N Kasihan # 15

 2B Bersalogi bersama Bapak Ibu Guru Hebat SD N Kasihan # 15

Satu minggunan lalu saya dihubungi Bu Harsi selaku kepala sekolah SD N Kasihan untuk menjadi narsumber dan belajar bersama dengan Bapak Ibu Guru Hebat di SD N Kasihan. Saya diminta untuk ikut mengisi kegiatan IHT Kombel Guru Sinau SD N Kasihan. Kamis siang tanggal 19 Oktober 2023 pukul 13.00 WIB saya sampai di SD N Kasihan, sebelumnya saya ijin kepada Pak kepala sekolah dahulu karena kebetulan juga tidak ada jam mengajar.  Sampai di SD N Kasihan saya bertemu dengan Bu Harsi dan beramah-tamah dengan beberapa guru.


Materi IHT yang saya berikan tentang Asesmen dalam Kurikulum Merdeka. Meskipun begitu saya sudah meminta ijin Bu Harsi untuk berbagi praktik baik pembelajaran inovatif berbasis pemanfaatan teknologi. Bu Harsi malah meminta untuk membagikan tentang bukti karya dan aksi nyata yang sudah lolos validasi PMM. Kata beliau sekalian belajarnya. Pada kesempatan ini yang hadir 18 oramg guru dan tendik. Aset SDM di SD N Kasihanpun masih muda-muda dan ada harapan mampu untuk bisa lebih maju lagi.

Sebelum masuk materi saya bercerita pengalaman=pengakaman saya mengikuti PembaTIK selama 3 tahun berturut-turut dan tembus 5 besar 2 kali. Harapannya bisa menjadi semangat dan motivasi bagi bapak ibu guru. Pada awalnya saya membagikan materi asesmen dalam kurikulum Merdeka.

Setelah itu saya membagikan praktik baik pembelajaran saya tentang pemafaatan canva dalam pembelajaran muatan lokal membatik berbasis PjBL. Saya berbagi tentang menggunakan teknik STAR, situasinya seperti apa, tantangannya apa, aksinya seperti apa dan refleksi yang saya lakukan bersama murid-murid saya.

Setelah itu saya berbagi pengalama tentang praktik-praktik pembelajaran inovasi saya yang saya upload di bukti karya dan aksi nyata yang ada di PMM.  Saya juga membagikan dan berbagi tips merancang pembelajaran inovatif yang dikolaborasikan dengan pemanfaatan TIK. Pembelajaran inovatif yang dirancang juga melibatkan partisipasi dan kolaboarsi aktif murid seperti pembelajaran berdiferensiasi yang dikolaborasikan dengan video-video pembelajaran, PjBL yang dikolaboarsikan dengan canva maupun quizizz. Saya juga membagikan  bagaimana penerapan di kelas.

Selain itu saya juga membagikan tips-tips membuat aksi nyata yang lulus validasi dari tim PMM. Bagaimana membuat aksi nyata sesuai yang diminta pad tiap topiknya. Di SD N Kasihan sebenarnya sudah ada yang mendapatkan 5 sertifikat, namun Sebagian besar ada yang perlu diperbaiki. Perbaikan pada umpan balik. Untuk itu yang saya tekankan di sini adalah aksi nyata yang harus disertai umpan balik seperti yang diminta pada setiap topik karena berbeda-beda.

Dari kegiatan berbagi yang saya lakukan ini teman-teman menjadi tahu mengapa aksi nyatanya dikembalikan dan menjadi lebih bersemangat memperbaiki dan membuat aksi nyata berikutnya. Lalu saya membagikan file aksi nyata saya yang sudah lolos PMM agar bisa di ATM kan.  Seperti biasa sebelum pulang saya menyempatkan foto bersama terlebih dahulu.

Terima kasih banyak Kombel Guru Sinau SD N Kasihan atas kesempatan belajar, berbagi dan berkolaborasinya…

 

Mari berbagi dan berkolaborasi...

“Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”.

 

Indahnya berbagi dan berkolaborasi agar tidak mengendap di diri sendiri…

 

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

Posting Komentar

0 Komentar