Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

2B Bersalogi bersama Bapak Ibu Guru Hebat SD Karanggayam # 16

2B Bersalogi bersama Bapak Ibu Guru Hebat SD Karanggayam # 16

2B Bersalogi yang ke-16 saya laksanakan di SD rekan saya di Karanggayam. Sebenarnya sudah minta beberapa waktu lalu, namun karena bebarengan dengan acara lain. Baru pada Jumat lalu tanggal 20 Oktober 2023 pukul 14.00 WIB saya bersilaturahmi di SD rekan saya di Karanggayam. Sama halnya seperti SD N Cegokan, SD karanggayam juga masih satu kecamatan dengan sekolah saya. Sebelum ke SD Karanggayam saya bertanya dahulu kebutuhan belajar apa yang dibutuhkan di SD Karanggayam terkait dengan pemanfaatan teknologi. Pak Sumardi selaku kepala sekolah menginfokan bahwa perlu belajar inovasi pembelajaran yang dkaitkan dengan TIK. Namun sekalian bisa dijadikan aksi nyata di PMM. Berangkat dari informasi tersebut siang itu saya berbagi praktik inovasi pembelajaran yang dapat dijadikan bukti karya dan aksi nyata di PMM.


Namun, sebelum itu saya membagikan praktik pembelajaran inovatif saya tentang pemanfaatan canva dalam pembelajaran muatan lokal membatik berbasis PjBL. Seperti yang telah lalu, saya membagikan praktik baik saya dengan alur STAR. Banyak guru yang sudah mengenal canva namun belum dieksplore san dimanfaatkan secara mendalam.

Topik yang saya bagikan adalah praktik-praktik pembelajaran inovasi saya yang saya upload di bukti karya dan aksi nyata yang ada di PMM.  Saya juga membagikan dan berbagi tips merancang pembelajaran inovatif yang dikolaborasikan dengan pemanfaatan TIK. Pembelajaran inovatif yang dirancang juga melibatkan partisipasi dan kolaboarsi aktif murid seperti pembelajaran berdiferensiasi yang dikolaborasikan dengan video-video pembelajaran, PjBL yang dikolaboarsikan dengan canva maupun quizizz. Saya juga membagikan bagaimana penerapan di kelas.


Selain itu saya juga membagikan tips-tips membuat aksi nyata yang lulus validasi dari tim PMM. Bagaimana membuat aksi nyata sesuai yang diminta pad tiap topiknya. Di SD Karangggayam belum ada guru yang mendapatkan sertifikat dari aksi nyata di PMM.


Dari kegiatan berbagi yang saya lakukan ini berharap bapak ibu guru di SD Karanggayam segera menylesaikan topik-topik di aksi nyata. Saya membagikan file asksi nayata saya yang bisa di ATM (Amati Tiru Modifikasi) kan. Sebelum pulang saya menyempatkan foto bersama terlebih dahulu.

Terima kasih atas kesempatan berbagi dan berkolaborasinya bapak ibu guru hebat SD Karanggayam…

 

Mari berbagi dan berkolaborasi...

Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”.

 

Indahnya berbagi dan berkolaborasi agar tidak mengendap di diri sendiri…

 

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

Posting Komentar

0 Komentar