Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

Jejak Keraton Pleret di Museum Purbakala


Mengunjungi tempat bersejarah tentu akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda untuk anak didik kita. Apalagi tempat bersejarah lokal yang dekat dengan sekolah maupun tempat tinggal siswa. Seperti yang sudah dilakukan oleh SD Pungkuran Bantul DIY yang telah melaksanakan outing class sebagai bentuk pengenalan lingkungan. Outing class dilaksanakan dengan mengunjungi Museum Purbakala Pleret yang terletak kurang lebih 2 km dari sekolah. Meskipun musem tersebut berada di dekat sekolahan dan juga tempat tinggal siswa masih ada juga siswa yang belum pernah menyempatkan waktu untuk berkunjung. 


Musem Purbakala Pleret merupakan salah satu musem yang berada di Kabupaten Bantul DIY. Museum ini tidak sepopuler museum-musem lain yang ada di DIY.  Meskipun demikian, museum ini juga layak untuk dikunjungi karena tentu saja menyimpan jejak sejarah masa lalu. Agar anak cucu kita juga mengenal sejarah di sekitar. Musem Purbakala Pleret menyimpan benda bersejarah peninggalan Kerajaan Mataram di wilayah Bantul dan juga cagar budaya yang ditemukan di sekitar Kabupaten Bantul. Terdapat kurang lebih 50 an benda peninggalan sejarah masa lampau yang terdiri dari arca, stupa dan benda bersejarah lainnya. 


Salah satu lokasi yang menarik perhatian di museum ini adalah Sumur Gumuling yakni sumur berwarna merah yang diyakini oleh masyarakat sekitar apabila menggunakan air di sumur ini konon katanya yang belum mendapatkan jodoh maka akan dekat dengan jodohnya. Selain itu juga sumur ini diyakini terhubung secara spiritual dengan pantai selatan dan airnya digunakan untuk jamasan pusaka keraton. Boleh percaya boleh tidak ya. Selain benda adanya arca, stupa dan Sumur Gumuling di museum ini juga menyimpan jejak sejarah Keraton Pleret pada masa lalu. Terdapat umpak Keraton Kerto yang merupakan landasan tiang dalam sebuah bangunan tradisional Jawa. Falitilas yang ada di museum ini juga terbilang cukup lengkap yakni adanya ruang audio visual yang di dalam ruangan ini akan diputarkan film mengenai sejarah Kerajaan Keraton Pleret. Selain itu ada juga fasilitas jejak Situs Kerajaan Mataram Pleret, toilet, mushola dan juga tempat parkir yang cukup luas. 


#100katabercerita #AISEIWritingChallenge

#outingclass #eksploresejarah

#Day17NovAISEIWritingChallenge

Posting Komentar

4 Komentar