Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

Pembukaan Didamba Angkatan 4


Pagi tadi pada pukul 09.00 WIB saya mengikuti pembukaan Didamba angkatan 4 melalui channel YouTube P4TK IPA. Kegiatan ini merupakan bagian dari sesi awal dalam Didamba yang saya ikuti. Sebelumnya saya telah  melakukan registrasi terlebih dahulu pada tanggal 29 November 2020. Pada tanggal 1 Desember telah diumumkan pendaftar yang lolos sebagai peserta Didamba.  Nama saya ada dalam daftar peserta yang lolos pada kelas Diklat PCK Berorientasi HOTS-SD. Untuk jenjang SD ada 2 pilihan kelas. Satu kelas berjumlah 30 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Satu kelas yang saya ikuti ternyata peserta dari DIY hanya berjumlah 3 saja. 

Pada pembukaan Didamba diawali dengan berdoa dan dilanjutkan menayanyikan lagu Indonesia Raya. Selesai menyanyikan Indonesia Raya dilanjutkan dengan pengarahan Didamba oleh penanggungjawab kegiatan Bapak Abdul Kodir, M.Pd. yang menjelaskan tentang apa itu Didamba. Didamba merupakan singkatan dari Diklat Daring Masif dan Terbuka. Tujuan dari Didamba adalah untuk memperluas layanan kepada PTK IPA yang ingin meningkatkan profesionalismenya. Kelebihan dari Didamba ini bahwa kelas dapat diikuti secara daring dimanapun dan kapanpun. Didamba akan dilaksanakan selama 12 hari yakni dari tanggal 2-12 Desembeer 2020 setara 36 JP, dengan asumsi setiap hari peserta belajar selama 3 JP. Untuk angkatan 4 ini pendaftar sebanyak 2400 orang. Dari 2400 orang yang telah mendaftar yang diknyatakan lolos sebanyak 909 orang yang menempati 27 kelas . Kelas yang ada untuk jenjang SD, SMP, SMA, umum, Fisika, Kimia, Media. Setiap kelas nantinya akan diampu oleh 1 orang pengajar/narasumber dan 1 orang admin kelas. Ada juga pihak evaluatornya. 

Sambutan yang selanjutnya dari kepala P4TK IPA Bapak Enang Ahmadi, S.Pd. M.Pd. yang sekaligus membuka Didamba angkatan 4 ini. Dalam sambutannya bapak kepala P4TK IPA menyampaikan beberapa hal anatara lain bahwa;

a. P4TK IPA bekerjasama dengan Bank Dunia untuk menganalisis dampak adanya diklat di masa pandemi dan juga mengembangkan inovasi dan terobosan baru dalam pengembangan P4TK IPA.

b. Hasil diklat pada angkatan sebelumnya telah disosialisasikan/ diimbaskan oleh peserta kepada minimal 5 orang, yang merupakan persyaratan untuk mengikuti tahap berikutnya (tahap 2)

c. Setiap peserta yang lulus Didamba tahap 1 akan mengikuti Didamba pada tahap 2 yang setara dengan 32 JP selama 12 hari juga

d. Didamba angkatan 4 hari ini, 2 Desember 2020 resmi dibuka. Selamat mengukuti semoga sukses. 

Selesai Bapak kepala P4TK IPA membuka diklat, acara selanjutnya sambutan dan pengarahan yang disampikan oleh Ibu Lina Herlina, M.Pd. yang menjelaskan secara panjang lebar mekanisme dan prosedur  mengikuti Didamba yang harus dilaksanakan oleh semua peserta. Setelah acara pembukaan selesai diharapkan semua peserta segera masuk ke kelas masing-masing dan beraktivitas di LMS. Sebelum acara ditutup menyanyikan lagu Bagimu Negeri yang kemudian ditutup dengan doa. 


#150katabercerita #AISEIWritingChallenge

#Dec2AISEIWritingChallenge

Posting Komentar

7 Komentar