Sosis Kenal Rumbel 9
Dalam Sosis Kenal Rumbel 9 ini saya melaksanakan Kegiatan Berbagi
dan Berkolaborasi bersama Rumah Belajar dengan peserta Bapak Ibu Guru dan karyawan
SD Negeri Pungkuran yang tidak lain adalah instansi kerja saya. SD Negeri Pungkuran
merupakan salah satu SD negeri di Kabupaten Bantul yang terletak di Kapanewon
Pleret Kabupaten Bantul. Saya melaksanakan praktik baik bersama rekan kerja. Kagiatan
ini merupakan kelanjutan kegiatan Sosis Kenal Rumbel sebelumnya yakni “Memanfaatkan Rumah Belajar untuk Pembelajaran
di SD”
Kegiatan berbagi dan kolaborasi bersama Rumah Belajar
terlaksana pada hari Senin 8 November 2021 pada pukul 13.00 WIB – selesai dengan
bertempat di ruang kelas III SD Negeri Pungkuran. Kegiatan tersebut dihadiri
oleh 19 orang guru dan karyawan SD Negeri Pungkuran beserta Bapak Kepala Sekolah.
Kegiatan praktik baik ini dilaksanakan dengan harapan dapat diaplikasikan dan
dipraktikkan dalam proses pembelajaran.
Kegiatan berbagi dan kolaborasi kali ini saya mengambil tema
“Mengulik Fitur SWEAB (Sumber Belajar, Wahana Jelajah Angkasa, Edugame, AR dan
Bank Soal) untuk Menciptakan Pembelajaran AKU BISA (Aktif,
Kreatif, Unggul, Bermakna, Inovatif, Senang)”. Saya bersama rekan guru
mengulik lebih mendalam lima fitur SWEAB yang ada dalam portal Rumah Belajar. Rekan-rekan
asik mengulik dan mempelajari, mengeksplore fasilitas dari masing-masing fitur.
Semua peserta langsung mempraktikkan dengan membuka laman masing-masing fitur. Sumber Belajar yang dapat digunakan untuk sumber referensi dan sumber bahan belajar Ketika kita memberikan materi ke siswa. Fitur Wahana Jelajah Angkasa mengajak untuk berselancar di ruang angksa dengan penampakan seolah-olah nyata. Edugame juga tak luput kami eksplore dan kami mencoba untuk ikut belajar dan bermain.
Fitur AR juga kami eksplore lebih lanjut dan secara bertahap
akan kami gunakan dalam pembelajaran. Saya juga mensimulasikan cara memanfaatkan
fitur Bank Soal dan peserta langsung mempraktikkan mengerjakan soal dan melihat
pembahasannya. Harapannya dengan memanfaatkan fitur SWEAB ini akan menciptakan
pembelajaran yan AKU BISA (Aktif, Kreatif, Unggul, Bermakna, Inovatif, Senang).
Pada dasarnya pembelajaran yang dilaksanakan dengan menarik, inovatif dan
menyenangkan akan membuat anak senang, tertarik dan tertantang untuk mengikuti
pembelajaran. Selain itu siswa akan lebih mudah memahami materi sehingga
pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kegiatan berbagi semacam ini akan terus
kami laksakanan sebagai upaya meningkatkan pembelajaran yang kami lakukan yang
pada akhirnya akan bemanfaat untuk siswa.
Indahnya berbagi dan berkolaborasi. Semangat berbagi agar
tak mengendap di diri sendiri !
#pembatik
#pembatiklevel4
#pusdatin
#rumahbelajar
#dutarumahbelajar
#inspirasijogjaistimewa
0 Komentar