Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

Sosis Kenal Rumbel 9 "Mengulik Fitur SWEAB (Sumber Belajar, Wahana Jelajah Angkasa, Edugame, AR dan Bank Soal) untuk Menciptakan Pembelajaran AKU BISA (Aktif, Kreatif, Unggul, Bermakna, Inovatif, Senang)”

Sosis Kenal Rumbel 9

Mengulik Fitur SWEAB (Sumber Belajar, Wahana Jelajah Angkasa, Edugame, AR dan Bank Soal) untuk Menciptakan Pembelajaran AKU BISA (Aktif, Kreatif, Unggul, Bermakna, Inovatif, Senang)”

Dalam Sosis Kenal Rumbel 9 ini saya melaksanakan Kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi bersama Rumah Belajar dengan peserta Bapak Ibu Guru dan karyawan SD Negeri Pungkuran yang tidak lain adalah instansi kerja saya. SD Negeri Pungkuran merupakan salah satu SD negeri di Kabupaten Bantul yang terletak di Kapanewon Pleret Kabupaten Bantul. Saya melaksanakan praktik baik bersama rekan kerja. Kagiatan ini merupakan kelanjutan kegiatan Sosis Kenal Rumbel sebelumnya  yakni “Memanfaatkan Rumah Belajar untuk Pembelajaran di SD”


Kegiatan berbagi dan kolaborasi bersama Rumah Belajar terlaksana pada hari Senin 8 November 2021 pada pukul 13.00 WIB – selesai dengan bertempat di ruang kelas III SD Negeri Pungkuran. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 19 orang guru dan karyawan SD Negeri Pungkuran beserta Bapak Kepala Sekolah. Kegiatan praktik baik ini dilaksanakan dengan harapan dapat diaplikasikan dan dipraktikkan dalam proses pembelajaran.


Kegiatan berbagi dan kolaborasi kali ini saya mengambil tema “Mengulik Fitur SWEAB (Sumber Belajar, Wahana Jelajah Angkasa, Edugame, AR dan Bank Soal) untuk Menciptakan Pembelajaran AKU BISA (Aktif, Kreatif, Unggul, Bermakna, Inovatif, Senang)”. Saya bersama rekan guru mengulik lebih mendalam lima fitur SWEAB yang ada dalam portal Rumah Belajar. Rekan-rekan asik mengulik dan mempelajari, mengeksplore fasilitas dari masing-masing fitur.


Semua peserta langsung mempraktikkan dengan membuka laman masing-masing fitur. Sumber Belajar yang dapat digunakan untuk sumber referensi dan sumber bahan belajar Ketika kita memberikan materi ke siswa. Fitur Wahana Jelajah Angkasa mengajak untuk berselancar di ruang angksa dengan penampakan seolah-olah nyata. Edugame juga tak luput kami eksplore dan kami mencoba untuk ikut belajar dan bermain.

Fitur AR juga kami eksplore lebih lanjut dan secara bertahap akan kami gunakan dalam pembelajaran. Saya juga mensimulasikan cara memanfaatkan fitur Bank Soal dan peserta langsung mempraktikkan mengerjakan soal dan melihat pembahasannya. Harapannya dengan memanfaatkan fitur SWEAB ini akan menciptakan pembelajaran yan AKU BISA (Aktif, Kreatif, Unggul, Bermakna, Inovatif, Senang). Pada dasarnya pembelajaran yang dilaksanakan dengan menarik, inovatif dan menyenangkan akan membuat anak senang, tertarik dan tertantang untuk mengikuti pembelajaran. Selain itu siswa akan lebih mudah memahami materi sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kegiatan berbagi semacam ini akan terus kami laksakanan sebagai upaya meningkatkan pembelajaran yang kami lakukan yang pada akhirnya akan bemanfaat untuk siswa.

Indahnya berbagi dan berkolaborasi. Semangat berbagi agar tak mengendap di diri sendiri !

 

#pembatik

#pembatiklevel4

#pusdatin

#rumahbelajar

#dutarumahbelajar

#inspirasijogjaistimewa

Posting Komentar

0 Komentar