Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

5 Be Bersama Rumbel 6 dengan Bapak Ibu Guru SD Karanggayam

5 Be Bersama Rumbel 6 dengan Bapak Ibu Guru SD Karanggayam



Dalam 5 Be Bersama Rumbel 6 (Belajar, Berproses, Berbagi, Berkolaborasi dan Bertransformasi Bersama Rumah Belajar) saya melaksanakan kegiatan pengimbasan dengan peserta Bapak Ibu Guru dan karyawan SD Karanggayam yang merupakan salah satu sekolah yang cukup dekat dari sekolah saya. Sama halnya dengan instansi saya, SD Karanggayam merupakan salah satu SD negeri di Kabupaten Bantul yang terletak di Kapanewon Pleret Kabupaten Bantul.


Kegiatan 5 Be Bersama Rumbel 4 ini terlaksana pada hari Rabu, 19 Oktober 2022 pada pukul 12.15 WIB – selesai dengan bertempat di ruang kelas VI SD Karanggayam. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 10 orang guru dan karyawan SD Karanggayam beserta Bapak Kepala Sekolah. Kegiatan pengimbasan praktik baik ini dibagikan dengan harapan dapat dipraktikkan  juga pada kelas sekolah ini tentu dengan disesuaikam keadaan masing-masing.


Dalam kegiatan pengimbasan ini saya membagikan praktik baik pembelajaran yakni “Penerapan Model PjBL dalam Pembelajaran Berdiferensiasi  dengan Memanfaatkan Portal Rumah Belajar, Radio Edukasi dan Poster Canva For Education”. Dalam kegiatan ini saya memaparkan alasan mengapa kita perlu melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana srategi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana peaksanaan di kela? Seperti apa diferensiasi proses, konten dan produknya.


Proses pembelajaran yang berkaitan dengan diferensiasi proses saya memilih strategi membagi murid menjadi 3 kelompok besar berdasarkan gaya belajarnya yakni murid dengan gaya belajar visual proses pembelajaran memahami materi dengan konten berupa video yang diambil dari sumber belajar Rumah Belajar Pusdatin Kemendikbudristek. Murid dengan gaya belajar auditori dalam proses belajarnya mendengarkan audio yang diputar dari Radio Edukasi yang merupakan sumber belajar lainnya dari Rumah Belajar Pusdatin Kemendikbudristek. Murid dengan gaya belajar kinestetik proses belajarnya dengan mengeksplore sumber belajar dari poster-poster yang dibuat oleh guru dengan aplikasi Canva For Education yang ditempel di dinding kelas. Pada saat pembelajaran saya memantau tersampaikannya materi dan meminta murid untuk mencermati, menulis dan mendiskusikan dengan teman sebangkunya terkait materi yang dipelajari.


Pembelajaran berdiferensiasi dinilai mampu melayani kebutuhan belajar yang berbeda. Pembelajaran yang berlangsung akan  menarik, inovatif dan menyenangkan akan membuat anak senang, tertarik dan tertantang untuk mengikuti pembelajaran. Selain itu siswa akan lebih mudah memahami materi sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kegiatan berbagi semacam ini akan terus kami laksakanan sebagai upaya meningkatkan pembelajaran yang kami lakukan yang pada akhirnya akan bemanfaat untuk siswa.

 

"Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar" 

Indahnya berbagi dan berkolaborasi. Semangat berbagi agar tak mengendap di diri sendiri !


#PusdatinKemendikbudristek 

#MerdekaBelajar 

#PembaTIK202 

#DutaTeknologiKemendikbudristek 

#RumahBelajar2022  

#PlatformMerdekaMengajar 

#BerbagiTIK


Posting Komentar

0 Komentar