5 Be Bersama Rumbel 6 dengan Bapak Ibu Guru SD Karanggayam
Dalam 5 Be Bersama Rumbel 6 (Belajar,
Berproses, Berbagi, Berkolaborasi dan Bertransformasi Bersama Rumah Belajar) saya
melaksanakan kegiatan pengimbasan dengan peserta Bapak Ibu Guru dan karyawan SD
Karanggayam yang merupakan salah satu sekolah yang cukup dekat dari sekolah
saya. Sama halnya dengan instansi saya, SD Karanggayam merupakan salah satu SD
negeri di Kabupaten Bantul yang terletak di Kapanewon Pleret Kabupaten Bantul.
Kegiatan 5 Be Bersama Rumbel 4
ini terlaksana pada hari Rabu, 19 Oktober 2022 pada pukul 12.15 WIB – selesai
dengan bertempat di ruang kelas VI SD Karanggayam. Kegiatan tersebut dihadiri
oleh 10 orang guru dan karyawan SD Karanggayam beserta Bapak Kepala Sekolah.
Kegiatan pengimbasan praktik baik ini dibagikan dengan harapan dapat dipraktikkan
juga pada kelas sekolah ini tentu dengan
disesuaikam keadaan masing-masing.
Dalam kegiatan pengimbasan ini
saya membagikan praktik baik pembelajaran yakni “Penerapan Model PjBL dalam
Pembelajaran Berdiferensiasi dengan
Memanfaatkan Portal Rumah Belajar, Radio Edukasi dan Poster Canva For Education”.
Dalam kegiatan ini saya memaparkan alasan mengapa kita perlu melaksanakan
pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana srategi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi?
Bagaimana peaksanaan di kela? Seperti apa diferensiasi proses, konten dan
produknya.
Proses pembelajaran yang berkaitan dengan diferensiasi proses saya memilih strategi membagi murid menjadi 3 kelompok besar berdasarkan gaya belajarnya yakni murid dengan gaya belajar visual proses pembelajaran memahami materi dengan konten berupa video yang diambil dari sumber belajar Rumah Belajar Pusdatin Kemendikbudristek. Murid dengan gaya belajar auditori dalam proses belajarnya mendengarkan audio yang diputar dari Radio Edukasi yang merupakan sumber belajar lainnya dari Rumah Belajar Pusdatin Kemendikbudristek. Murid dengan gaya belajar kinestetik proses belajarnya dengan mengeksplore sumber belajar dari poster-poster yang dibuat oleh guru dengan aplikasi Canva For Education yang ditempel di dinding kelas. Pada saat pembelajaran saya memantau tersampaikannya materi dan meminta murid untuk mencermati, menulis dan mendiskusikan dengan teman sebangkunya terkait materi yang dipelajari.
Pembelajaran berdiferensiasi
dinilai mampu melayani kebutuhan belajar yang berbeda. Pembelajaran yang
berlangsung akan menarik, inovatif dan
menyenangkan akan membuat anak senang, tertarik dan tertantang untuk mengikuti
pembelajaran. Selain itu siswa akan lebih mudah memahami materi sehingga
pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kegiatan berbagi semacam ini akan terus
kami laksakanan sebagai upaya meningkatkan pembelajaran yang kami lakukan yang
pada akhirnya akan bemanfaat untuk siswa.
Indahnya berbagi dan
berkolaborasi. Semangat berbagi agar tak mengendap di diri sendiri !
#PusdatinKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK202
#DutaTeknologiKemendikbudristek
#RumahBelajar2022
#PlatformMerdekaMengajar
#BerbagiTIK
0 Komentar