5 Be Bersama Rumbel 3
Dalam 5 Be Bersama Rumbel 3 (Belajar,
Berproses, Berbagi, Berkolaborasi dan Bertransformasi Bersama Rumah Belajar)
ini saya melaksanakan kegiatan berbagi dan berkolaborasi dengan peserta Bapak
Ibu Guru dan karyawan SD Negeri Pungkuran yang tidak lain adalah instansi kerja
saya. SD Negeri Pungkuran merupakan salah satu SD negeri di Kabupaten Bantul
yang terletak di Kapanewon Pleret Kabupaten Bantul. Saya melaksanakan pengimbasan
praktik baik bersama rekan kerja.
Kegiatan berbagi dan kolaborasi bersama Rumah Belajar terlaksana pada hari Selasa 18 Oktober 2022 pada pukul 12.30 WIB – selesai dengan bertempat di ruang kelas IV SD Negeri Pungkuran. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 17 orang guru dan karyawan SD Negeri Pungkuran beserta Bapak Kepala Sekolah. Kegiatan pengimbasan praktik baik ini dilaksanakan dengan harapan dapat diaplikasikan dan dipraktikkan juga pada kelas lain dalam proses pembelajaran.
Kegiatan berbagi dan kolaborasi
kali ini saya membagikan praktik baik pembelajaran yakni “Penerapan Model PjBL
dalam Pembelajaran Berdiferensiasi
dengan Memanfaatkan Portal Rumah Belajar, Radio Edukasi dan Poster Canva
For Education”. Dalam kegiatan ini saya memaparkan alasan mengapa kita perlu
melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana srategi pelaksanaan
pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana peaksanaan di kela? Seperti apa
diferensiasi proses, konten dan produknya.
Dalam praktik di kelas, dalam
proses pembelajaran yang berkaitan dengan diferensiasi proses saya memilih
strategi membagi murid menjadi 3 kelompok besar berdasarkan gaya belajarnya
yakni murid dengan gaya belajar visual proses pembelajaran memahami materi dengan
konten berupa video yang diambil dari sumber belajar Rumah Belajar Pusdatin
Kemendikbudristek. Murid dengan gaya belajar auditori dalam proses belajarnya
mendengarkan audio yang diputar dari Radio Edukasi yang merupakan sumber
belajar lainnya dari Rumah Belajar Pusdatin Kemendikbudristek. Murid dengan
gaya belajar kinestetik proses belajarnya dengan mengeksplore sumber belajar
dari poster-poster yang dibuat oleh guru dengan aplikasi Canva For Education
yang ditempel di dinding kelas. Pada saat pembelajaran saya memantau
tersampaikannya materi dan meminta murid untuk mencermati, menulis dan
mendiskusikan dengan teman sebangkunya terkait materi yang dipelajari.
Dalam diferensiasi konten
terdapat 3 variasi konten yakni konten video, audio dan poster. Dalam pembuatan
proyek murid bebas memilih berdasarkan minat dan kesukaan murid. Ada 3 proyek
yang diselesaikan murid yakni produk berupa ganbar/poster sederhana, peta
konsep dan lagu sederhana terkait materi organ pencernaan pada manusia
(diferensiasi produk). Jadwal untuk penyelesaian proyek selama satu jam.
Pembelajaran berdiferensiasi
dinilai mampu melayani kebutuhan belajar yang berbeda. Pembelajaran yang
berlangsung akan menarik, inovatif dan
menyenangkan akan membuat anak senang, tertarik dan tertantang untuk mengikuti
pembelajaran. Selain itu siswa akan lebih mudah memahami materi sehingga
pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kegiatan berbagi semacam ini akan terus
kami laksakanan sebagai upaya meningkatkan pembelajaran yang kami lakukan yang
pada akhirnya akan bemanfaat untuk siswa.
Indahnya berbagi dan
berkolaborasi. Semangat berbagi agar tak mengendap di diri sendiri !
#PusdatinKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK202
#DutaTeknologiKemendikbudristek
#RumahBelajar2022
#PlatformMerdekaMengajar
#BerbagiTIK
0 Komentar