Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

5 Be Bersama Rumbel 7

 5 Be Bersama Rumbel 7 dengan Bapak Ibu Guru SD Negeri Segoroyoso

Pada pelaksanaan 5 Be Bersama Rumbel yang memasuki bagaian ke 7 ini, saya melaksanakan kegiatan berbgai dan berkolaborasi dengan Bapak Ibu Guru dan karyawan SD Negeri Segoroyoso yang merupakan salah satu sekolah yang masih satu kecamatan dengan sekolah saya. Sebelum pelaksanaan saya memohon ijin kepada Ibu kepala sekolah untuk berbagi tentang praktik baik pembelajaran diferensiasi dengan memanfaatkan portal Rumah Belajar. Dengan senang hati Bu har, kepala sekolah SD N Segoroyoso memberikan kesempatan kepada saya. Alhamdulillah diberikan ruang dan waktu untuk sesi berbagi.



Kegiatan 5 Be Bersama Rumbel 7 ini terlaksana pada hari Kamis, 20 Oktober 2022 pada pukul 11.15 WIB – selesai dengan bertempat di salah satu ruang kelas di SD N Segoroyoso. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 12 orang guru dan karyawan SD N Segoroyoso. Kegiatan pengimbasan praktik baik ini dibagikan dengan harapan dapat menjadi sebuah inspirasi dan bahan sharing dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi.

Sama hallnya saat saya berbagi di SD Karanggayam, dalam kesempatan ini saya membagikan praktik baik pembelajaran yakni “Penerapan Model PjBL dalam Pembelajaran Berdiferensiasi  dengan Memanfaatkan Portal Rumah Belajar, Radio Edukasi dan Poster Canva For Education”. Dalam kegiatan ini saya memaparkan alasan mengapa kita perlu melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana srategi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana peaksanaan di kela? Seperti apa diferensiasi proses, konten dan produknya.

Proses pembelajaran yang berkaitan dengan diferensiasi proses saya memilih strategi membagi murid menjadi 3 kelompok besar berdasarkan gaya belajarnya yakni murid dengan gaya belajar visual proses pembelajaran memahami materi dengan konten berupa video yang diambil dari sumber belajar Rumah Belajar Pusdatin Kemendikbudristek. Murid dengan gaya belajar auditori dalam proses belajarnya mendengarkan audio yang diputar dari Radio Edukasi yang merupakan sumber belajar lainnya dari Rumah Belajar Pusdatin Kemendikbudristek. Murid dengan gaya belajar kinestetik proses belajarnya dengan mengeksplore sumber belajar dari poster-poster yang dibuat oleh guru dengan aplikasi Canva For Education yang ditempel di dinding kelas. Pada saat pembelajaran saya memantau tersampaikannya materi dan meminta murid untuk mencermati, menulis dan mendiskusikan dengan teman sebangkunya terkait materi yang dipelajari.

Pembelajaran berdiferensiasi dinilai mampu melayani kebutuhan belajar yang berbeda. Pembelajaran yang berlangsung akan menarik, inovatif dan menyenangkan akan membuat anak senang, tertarik dan tertantang untuk mengikuti pembelajaran. Selain itu siswa akan lebih mudah memahami materi berdasarkan geya belajar masing-masing sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kegiatan berbagi semacam ini akan terus kami laksakanan sebagai upaya meningkatkan pembelajaran yang kami lakukan yang pada akhirnya akan bemanfaat untuk siswa.

 

Indahnya berbagi dan berkolaborasi. Semangat berbagi agar tak mengendap di diri sendiri !


"Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar" 


#PusdatinKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2022

#DutaTeknologiKemendikbudristek

#RumahBelajar2022 

#PlatformMerdekaMengajar

#BerbagiTIK


Posting Komentar

0 Komentar