Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

2B Bersalogi bersama Bapak Ibu Guru Hebat Pendaftar PGP Angkatan 11 # 11

2B Bersalogi bersama Bapak Ibu Guru Hebat Pendaftar PGP Angkatan 11 # 11

Senin siang 16 Oktober saya ada kegiatan membersamai Bapak Ibu guru hebat calon pendaftar CGP pada angkatan 11 secara daring melalui zoom. Siang itu saya diminta untuk berbagi proses belajar dan pengalaman-pengalaman saat berproses di CGP. Bapak ibu guru yang saya dampingi sejumlah 23 peserta dari sekolah binaan Astra wilayah Jogja dan Pacitan. Saya bercerita kegiatan apa saja yang saya dapatkan di PGP dan segala hal selama berproses kurang lebih satu tahun.

Sayapun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berbagi praktik baik pembelajaran yang telah saya terapkan di kelas. Namun sebelumnya saya meminta ijin kepada penyelanggara untuk berbagi karena tidak masuk di rundown acara. Setelah saya memaparkan testimoni saya selama di PGP saya mengambil kesempatan untuk berbagi layar masih tentang pembelajaran berdiferensiasi yang dikolaborasikan dengan PjBL yang memanfaaatkan TIK. Kegiatan pengimbasan praktik baik ini dilaksanakan untuk bisa menjadi referensi praktik pembelajaran di kelas masing-masing.

Praktik baik ini juga dipelajari pada modul 2 PGP, jadi tentu ada benang merah kegiatan sosialisasi dan diskusi pendaftaran serta motivasi mengikuti PGP dan sesi berbagi praktik baik yang saya berikan.

Dalam kegiatan ini saya memaparkan alasan mengapa kita perlu melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana srategi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana peaksanaan di kelas? Seperti apa diferensiasi proses, konten dan produknya.

Pembelajaran berdiferensiasi dinilai mampu melayani kebutuhan belajar yang berbeda. Pembelajaran yang berlangsung akan menarik, inovatif dan menyenangkan akan membuat anak senang, tertarik dan tertantang untuk mengikuti pembelajaran. Selain itu siswa akan lebih mudah memahami materi sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kegiatan berbagi semacam ini akan terus kami laksakanan sebagai upaya meningkatkan pembelajaran yang kami lakukan yang pada akhirnya akan bemanfaat untuk murid.


Pada sesi terkahir ada satu penanya dari SD Ciren yang menanyakan apakah dalam satu waktu diharuskan ada ketiga diferensiasinya. Saya jawab tidak harus, jika iyapun akan lebih baik.

Terima kasih atas kolaborasi dan partisipasinya bapak ibu guru hebat...

Mari berbagi dan berkolaborasi...

“Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”.

 

Indahnya berbagi dan berkolaborasi agar tidak mengendap di diri sendiri…

 

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

Posting Komentar

0 Komentar