Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

2B Bersalogi bersama Bapak Ibu Guru Hebat SMAN 1 Piyungan # 10

 2B Bersalogi bersama Bapak Ibu Guru Hebat SMAN 1 Piyungan # 10


Kegiatan 2B Bersalogi  (Berbagi dan Berkolaborasi bersama Sahabat Teknologi) selanjutnya saya menyasar jenajg SMA. Kali ini ini saya melaksanakan kegiatan berbagi dan berkolaborasi dengan Bapak Ibu Guru hebat dan Tendik di SMA N 1 Piyungan. Sama seperti yang saya laksnakan di SD N Jaranan dan SD Potorono, pada kesempatan  ini saya  juga memanfaatkan waktu setelah pendampingan individu 2 CGP yang melibatkan partisipasi dari kepala sekolah, waka, rekan sejawat dan tendk dalam diskusi visi sekolah dan Prakarsa perubahan. Terlebih dahulu saya juga meminta ijin kepada pak Heri selaku kepala sekolah dan Bu Diyah dan Pak Semi sebagai penanggung jawab acara.  Saya meminta ijin setelah selesai pendampingan individu melaksanakan pengimbasan praktik baik.


Kegiatan berbagi dan kolaborasi bersama Sahabat Teknologi yang ke-10 ini, terlaksana dengan bertempat di ruang pertemuan SMA N 1 Piyungan.  Kegiatan tersebut dihadiri oleh 13 orang perwakilan guru dan tenaga kependidikan SMA N 1 Piyungan beserta Bapak Kepala Sekolah. Kegiatan pengimbasan praktik baik ini dilaksanakan untuk bisa menjadi sharing pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di jenjang SD.

Kegiatan berbagi dan kolaborasi kali ini saya membagikan praktik baik pembelajaran yakni “Kolaborasi Pembelajaran Berdiferensiasi dan Model PjBL dalam Muata IPAS”. Dalam kegiatan ini saya memaparkan alasan mengapa kita perlu melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana srategi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana peaksanaan di kelas? Seperti apa diferensiasi proses, konten dan produknya.


Pembelajaran berdiferensiasi dinilai mampu melayani kebutuhan belajar yang berbeda. Pembelajaran yang berlangsung akan  menarik, inovatif dan menyenangkan akan membuat anak senang, tertarik dan tertantang untuk mengikuti pembelajaran. Selain itu siswa akan lebih mudah memahami materi sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kegiatan berbagi semacam ini akan terus kami laksakanan sebagai upaya meningkatkan pembelajaran yang kami lakukan yang pada akhirnya akan bemanfaat untuk siswa.

Di akhir sesi ada 2 guru yang menanyakan yakni Bu Popi menanyakan terkait dengan bagaimana pelaksanaan asesemennya, apakah dibedakan. Lalu Bu Evy menanyakan jika di SMA gaya belajar dan kebiasan belajar sisw masih sulit dipetakan. Saya berusaha menjawab pertanyaan yang diajukan sesuai pemahaman saya.

 Terima kasih atas berbagi dan kolaboarsinya bapak ibu guru hebat SMAN 1 Piyungan

Mari berbagi dan berkolaborasi...

“Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”.

 

Indahnya berbagi dan berkolaborasi agar tidak mengendap di diri sendiri…

 

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

 

Posting Komentar

0 Komentar