Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

2B Bersalogi bersama Bapak Ibu Guru Hebat SD N Cegokan # 13

 2B Bersalogi bersama Bapak Ibu Guru Hebat SD N Cegokan # 13

Selasa siang tanggal 17 Oktober 2023 pukul 14.00 WIB saya bersilaturahmi di SD rekan saya di Cegokan. SD N Cegokan masih satu kecamatab dengan sekolah saya. Hari itu kebetulan anak saya pulang agak awal karena sedang STS. Jadilah anak saya ikut mendampini saya berbagi di SD N Cegokan. Sebelum ke SD N Cegokan saya bertanya dahulu kebutuhan belajar apa yang dibutuhkan di SD N Cegokan terkait dengan pemanfaatan teknlogi. Pak Wawan selaku KS nya menginfoka bahwa perlu belajar inovsi pembelajaran yang dkaitkan dengan TIK. Namun sekalian bisa dijadikan aksi nyata di PMM. Jadilah siang itu saya berbagi praktik inovasi pembelajaran yang dapat dijadikan bukti karya dan aksi nyata di PMM.

Pada kesempatan ini yang hadir 8, tidak masalah karena memang sekolahnya tidak pararel dengan jumlah siswa yang tidak banyak. Topik yang saya bagikan adalah praktik-praktik pembelajaran inovasi saya yang saya upload di bukti karya dan aksi nyata yang ada di PMM.  Saya juga membagikan dan berbagi tips merancang pembelajaran inovatif yang dikolaborasikan dengan pemanfaatan TIK. Pembelajaran inovatif yang dirancang juga melibatkan partisipasi dan kolaboarsi aktif murid seperti pembelajaran berdiferensiasi yang dikolaborasikan dengan video-video pembelajaran, PjBL yang dikolaboarsikan dengan canva maupun quizizz. Saya juga membagikan  bagaimana penerapan di kelas.

Selain itu saya juga membagikan tips-tips membuat aksi nyata yang lulus validasi dari tim PMM. Sudah ada 8 aksi nyata saya yang lolos validasi dan mendapakan sertifikat dari PMM. Bagaimana membuat aksi nyata sesuai yang diminta pad tiap topiknya. Di SD N Cegokan belum ada guru yang mendapatkan sertifikat dari aksi nyata di PMM. Baru ada yang mengunggah namun juga perlu perbaikan. Perbakan pada umpan balik. Untuk itu yang saya tekankan di sini adalah aksi nyata yang harus disertai umpan balik seperti yang diminta pada setiap topik karena berbeda-beda.

Dari kegiatan berbagi yang saya lakukan ini teman-teman menjadi tahu mengapa aksi nyatanya dikembalikan dan menjadi lebih bersemangat memperbaiki dan membuat aksi nyata berikutnya. Pak Wawan berpesan untuk memberikan file sebagai contoh/gambaran aksi nyata yang lolos validasi. Sebelum pulang saya menyempatkan foto bersama terlevih dahulu. Salah satu guru di SD N Cegokan adalah mahasiswa dampingan di program PPG Daljab 2023. Bahagia bisa bertemu ibu guru kelas 1 yang hebat da gigih menyelesaikan tugas-tuags meskipun keterbatasan kemampuan IT tetap berusaha belajar.

Terima kasih Bapak Ibu guru hebat Komunitsas Praktisi SD N Cegokan...

Mari berbagi dan berkolaborasi...

“Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”.

 

Indahnya berbagi dan berkolaborasi agar tidak mengendap di diri sendiri…

 

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

 

Posting Komentar

0 Komentar