Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

2B Bersalogi bersama Juri OSN Kapanewon Pleret #3

 2B Bersalogi bersama Juri OSN Kapanewon Pleret #3


2B Bersalogi  (Berbagi dan Berkolaborasi bersama Sahabat Teknologi) yang ketiga ini saya memanfaatkan kegiatan OSN (Olimpiade Sains Nasional) tingkat kapanewon/kecamatan. Setelah pagi berbagi di sekolah sendiri saya lanjutkan di Korwil Kapanewon Pleret. Saya berbagi dan berkolaborasi dengan dewan juri kegiatan OSN tersebut. Meski hanya ada beberapa guru tidak ada salahnya juga saya berbagi. Pada kesempatan ini saya membagikan praktik-praktik pembelajaran inovasi saya yang saya upload di bukti karya dan aksi nyata yang ada di PMM.

Saya membagikan dan berbagi tips merancang pembelajaran inovatif yang dikolaborasikan dengan pemanfaatan TIK. Pembelajaran inovatif yang dirancag juga melibatkan partisipasi dan kolaboarsi aktif murid seperti pembelajaran berdiferensiasi yang dikolaborasikan dengan video-video pembelajaran, PjBL yang dikolaboarsikan dengan canva maupun quizizz.  Saya membagikan  bagaimana penerapan di kelas.

Selain itu saya juga membagikan tips-tips membuat aksi nyata yang lulus validasi dari tim PMM. Sudah ada 8 aksi nyata saya yang lolos validasi dan mendapakan sertifikat dari PMM. Bagaimana membuat aksi nyata sesuai yang diminta pad tiap topiknya. Sebagian besar guru dikembalikan aksi nyatanya karena belum ada umpan balik dari rekan sejawat atau murid. Umpan balik yang dimaksud adalah umpan balik yang diberikan seteleh guru membagikan aksi nyata atau melaksanakan kegiatan yang melibatkan rekan sejawat, murid dan bahkan wali murid. Teman-teman yang saya ajak diskusi sudah mencoba buat aksi nyata namun  dikembalikan karena belum ada umpan balik.

Ada salah persepsi juga ketika memaknai umpan balik ini. Sebagian yang ditolak karena menganggap umpan balik yang dimaksud adalah umpan balik yang diberikan setelah mengunggajh di PMM. Namun yang diminta adalah umpan balik setelah kegiatan aksi nyata/berbagi dilaksanakan.

Dari kegiatan berbagi yang saya lakukan ini teman-teman menjadi tahu mengapa aksi nyatanya dkembalikan dan menjadi lebih bersemangat memperbaiki dan membuat aksi nyata berikutnya. Dari beberapa teman yang saya ajak berbagi dan berkolaborasi ada yang sudah aksi nyata 3 namun perbaiki semua, ada yang belum sama sekali dan ada yang sudah memuat 5 namun perbaiki semua.

Mari berbagi dan berkolaborasi...

“Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”.

Indahnya berbagi dan berkolaborasi agar tidak mengendap di diri sendiri…

 

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

Posting Komentar

0 Komentar