Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

2B Bersalogi bersama Bapak Ibu Guru Hebat SD N Jaranan #4

 2B Bersalogi bersama Bapak Ibu Guru Hebat SD N Jaranan #4

Rabu siang tanggal 11 Oktober 2023 pukul 13.00 WIB saya ada janji temu dengan Bu Muslimah salah satu CGP saya untuk melakukan pendampingan individu 2 di SD N Jaranan. SD N Jaranan merupakan salah satu SD negeri di Kabupaten Bantul yang terletak di Kapanewon Banguntapan Kabupaten Bantul. Nahh..dalam pendampingan kali ini melibatkan peran kepala sekolah, rekan guru dan tenaga kependidikan untuk CGP memfasilitasi terbentuknya visi sekolah pada masa depan. Saya tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Sebelum pendampingan saya berkomunikasi pada Bu Muslimah untuk meminta ijin setelah selesai pendamingan akan berbagi praktik inovasi pembelajaran yang dapat dijadikan bukti karya dan aksi nyata di PMM. Sampai di sekolah saya bermaksud meminta ijin ibu kepla sekolah, namun bu kepala sekolah sedang berhalangan hadir kerena sakit, lalu saya meminta ijin yang mewakli. Alhamdulillah diijinkan. Saya juga mengajak Sahabat Teknologi Pak Mas’ud untuk ikut berbagi dan berkolaborasi.

Pada kesempatan ini yang hadir 14 guru dan tendik. Untuk topik yang saya bagikan masih sama dengan tema waktu di Korwil Pleret saya membagikan praktik-praktik pembelajaran inovasi saya yang saya upload di bukti karya dan aksi nyata yang ada di PMM.  Saya juga membagikan dan berbagi tips merancang pembelajaran inovatif yang dikolaborasikan dengan pemanfaatan TIK. Pembelajaran inovatif yang dirancang juga melibatkan partisipasi dan kolaboarsi aktif murid seperti pembelajaran berdiferensiasi yang dikolaborasikan dengan video-video pembelajaran, PjBL yang dikolaboarsikan dengan canva maupun quizizz. Saya juga membagikan  bagaimana penerapan di kelas.

Selain itu saya juga membagikan tips-tips membuat aksi nyata yang lulus validasi dari tim PMM. Sudah ada 8 aksi nyata saya yang lolos validasi dan mendapakan sertifikat dari PMM. Bagaimana membuat aksi nyata sesuai yang diminta pad tiap topiknya. Di SD N Jaranan belum ada guru yang mendapatkan sertifikat dari aksi nyata di PMM. Baru ada yang mengunggah namun juga perlu perbaikan. Yang saya tekankan di sini adalah aksi nyata yang harus disertai umpan balik seperti yang diminta pada setiap topik karena berbeda-beda.

Setelah saya membagikan praktik baik saya disusul Pak Mas’ud yang juga sahabat teknologi DIY yang berbagi tentang MPI (Multimedia Pembelajaran Interakti) dengan judul Gim Bak Wan (Game Perkembangbiakan)

Dari kegiatan berbagi yang saya lakukan ini teman-teman menjadi tahu mengapa aksi nyatanya dikembalikan dan menjadi lebih bersemangat memperbaiki dan membuat aksi nyata berikutnya. Bu Rahma salah satu Gueu Penggerak di SD N Jarana mewanti-wanti saya untuk membagikan aksi nyata saya yang sudah lulus validasi.

 Terima kasih Bapak Ibu guru hebat SD N Jaranan aats berbagi dan kolaborasinya...

Mari berbagi dan berkolaborasi...

“Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”.

Indahnya berbagi dan berkolaborasi agar tidak mengendap di diri sendiri…

 

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

 

Posting Komentar

0 Komentar