Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

2B Bersalogi bersama Bapak Ibu Guru Hebat SD Potorono #5

2B Bersalogi bersama Bapak Ibu Guru Hebat SD Potorono #5

Hari Kamis, 12 Oktober 2023 saya kembali melaksanakan kegiatan 2B Bersalogi (Berbagi dan Berkolaborasi bersama Sahabat Teknologi). Kali ini ini saya melaksanakan kegiatan berbagi dan berkolaborasi dengan peserta Bapak Ibu Guru hebat dan tendik di SD Potorono. SD Potorono merupakan salah satu SD negeri di Kabupaten Bantul yang terletak di Kapanewon Banguntapan Kabupaten Bantul. Sama seperti yang saya laksnakan di SD N Jaranan pada kesempatan ini saya  juga memnafaatkan waktu setekah pendampingan individu 2 CGP yang melibatakan partisipasi dari kepala sekolah, rekan sejawab dan tenaga kependikan. Terlebih dahulus saya juga meminta ijin kepada Bu Rustini selaku kepala sekolah di SD Potorono. Saya meminta ijin setelah selesai pendampingan individu melaksanakan pengimbasan praktik baik.

Kegiatan berbagi dan kolaborasi bersama Sahabat Teknologi yang kelima ini, terlaksana dengan bertempat di ruang kelas VI SD Potorono. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 16 orang guru dan tenaga kependidikan SD Potorono beserta Ibu Kepala Sekolah. Kegiatan pengimbasan praktik baik ini dilaksanakan untuk bisa menjadi referensi praktik pembelajaran di kelas masing-masing.

Kegiatan berbagi dan kolaborasi kali ini saya membagikan praktik baik pembelajaran yakni “Kolaborasi Pembelajaran Berdiferensiasi dan Model PjBL dalam Muata IPAS”. Dalam kegiatan ini saya memaparkan alasan mengapa kita perlu melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana srategi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana peaksanaan di kela? Seperti apa diferensiasi proses, konten dan produknya.


Pembelajaran berdiferensiasi dinilai mampu melayani kebutuhan belajar yang berbeda. Pembelajaran yang berlangsung akan  menarik, inovatif dan menyenangkan akan membuat anak senang, tertarik dan tertantang untuk mengikuti pembelajaran. Selain itu siswa akan lebih mudah memahami materi sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kegiatan berbagi semacam ini akan terus kami laksakanan sebagai upaya meningkatkan pembelajaran yang kami lakukan yang pada akhirnya akan bemanfaat untuk siswa.


Pada kesempatan ini saya juga kembali mengajak mengajak Sahabat Teknologi Pak Mas’ud untuk ikut berbagi dan berkolaborsi. Beliau masih juga membagikan tentang tentang MPI (Multimedia Pembelajaran Interakti) dengan judul Gim Bak Wan (Game Perkembangbiakan)

 Terima kasih Bapak Ibu Guru Hebat atas sesi berbagi dan berkolaborasinya...

Mari berbagi dan berkolaborasi...

“Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”.

 

Indahnya berbagi dan berkolaborasi agar tidak mengendap di diri sendiri…

 

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

 

Posting Komentar

0 Komentar