Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

2B Bersalogi Pemanfaatan Canva dalam Pembelajaran Muatan Lokal Membatik Berbasis PjBL #6

 2B Bersalogi_Pemanfaatan Canva dalam Pembelajaran Muatan Lokal Membatik  Berbasis PjBL #6

 

Alhamdulillah...tak terasa sampai pada kegiatan 2B Bersalogi ke-6 yang kemarin saya laksanakan dengan melibatkan murid-murid saya kelas V untuk belajar dan berproses bersama. Selain itu murid-murid juga berkolaboarsi dalam pembelajaran muatan lokal membatik. Kegiatan ini terlaksana pada hari Jumat 13 Oktober 2023 di ruang kelas V SD Negeri Pungkuran dengan jumlah murid 29. 

Saya melaksanakan pembelajaran ini karena murid-murid kurang bisa dan merasa tidak terampil membuat desain motif batik. Mereka merasa tidak bisa dan kesulitan. Keadaan yang demikian membuat murid-murid jadi enggan belajar membatik lagi. Padahal pembelajaran membatik ini merupakan muatan lokal wajib bagi Kab. Bantul. Dengan adanya permalalahantersebut saya mencoba merancang pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan canva untuk membantu mendesain motif batik. Saya mencoba mengjolaborasikan kemajuan teknologi dan kearifan lokal dearah. Seperti filosofi KHD mendidik anak sesuai kodrat zamannya, ambil kemajuan-kemauan dan perubahan-perubahan tanpa meneninggakkan jati diri bangsa.

Sebelum pelaksanaan praktik baik pembelajaran ini saya membuat kesepakatan kelas bersama murid-murid saya tentang apa saja alat dan bahan yang dipersiapkan. Sebelumnya pada hari Rabu murid sudah saya berikan informasi untuk membwa HP ke sekolah dengan seijin orang tua. Begitu juga dengan pelaksanaan pembelajaran untuk hari Jumat ini juga saya perbolehkan membawa HP untuk belajar bersama Canva untuk mendesain batik.

Pada kesempatan kali ini saya memfasilitasi murid untuk mendapatkan pangalaman belajar mendesain batik dengan eksplore dari elemen yang ada pada canva. Murid diberikan kebebasan untuk menemukan dan mencari motif batik yang disukainya kemudian di susun ke dalam template canva. Ada yang  menyukai motif bunga, garis, mega mendung, ada yang hitam putih, ada yang warna.

Pada saat pelaksanaan di kelas, saya melaksanakan sintaks-sintaks yang ada pada model PjBL yakni

a. Pertanyaan mendasar

b. Mendesain proyek

c. Menyusun jadwal pembuatan proyek

d. Memonitor dan memantau perkembangan proyek

e. Menguji hasil

f. Evaluasi 

Dalam mendesain proyek dan menyusun jadwal pembuatan saya libatkan murid secara penuh. Setelah ada kesepakatan tentang desain proyek dan juga jadwal anak-anak kemudian membuka gawai masing-masing untuk mengeksplore canva. Anak-anak saya minta untuk memeperhatikan penjelasan dari guru.

Setelah anak-anak memahami, anak-anak mencoba prakitk langsung. Anak-anak saya bebaskan untuk memilih motif batik yang seperti apa lalu dicopy dan diletakkan pada template yang sudah mereka pilih. Setelah selesai anak-anak diminta untuk menukar desain batiknya dengan desain batik temannya dan mengecek hasil desain batiknya (menguji hasil). Setelah semua menyelesaikan proyeknya murid diminta untuk mempresentasikan hasilnya di depan kelas dan meminta murid lain untuk menanggapi.

Kegiatan praktik baik ini juga merupakan upaya saya agar bisa terampil mendesaij batik, harapannya setelah ini anak-anak terinspiarsi dan membuat batik sendiri secara tertulis.  Di akhir kegiatan pembelajaran murid dan guru menyimpulkan dan melakukan refleksi terhadap pembelajaran pada hari itu.

Murid tampak lebih antusias, senang dan memancing rasa ingin tahu yang tinggi untuk mencoba, tampak pula kolaborasi baik antara murid dan murid serta guru dan murid..

Pembelajaran lebih bermakna dan terpusat pada murid...

Dalam proses pembelajaran anak-anak mendesain motif batik dengan bebas memilih yang disukainya dari canva, kemudian mengirimkan hasilnya pada guru selanjutnya guru membantu mencetaknya...



Menyenangkan bukan?

Terima kasih kolaborasinya anak-anak hebat semua...😍

Mari berbagi dan berkolaborasi...

“Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”.

Indahnya berbagi dan berkolaborasi agar tidak mengendap di diri sendiri…

 

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

Posting Komentar

0 Komentar