Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

2B Bersalogi bersama Bapak Ibu Guru Hebat CGP dan PP Angkatan 9 Bantul #7


2B Bersalogi bersama Bapak Ibu Guru Hebat CGP dan PP Angkatan 9 Bantul #7

Dalam kegiatan 2B Bersalogi (Berbagi dan Berkolaborasi bersama Sahabat Teknologi) selanjutnya saya laksanakan pada hari Sabtu, 14 Oktober 2023. Kali ini ini saya memanfaatkan waktu di sela-sela kegiatan lokakarya 2 CGP angkatan 9 Kabupaten Bantul. Sebelum saya berbagi praktik baik, terkebih dahulu saya meminta ijin kepada rekan sejawat yang bertugas sebagai Pengajar Praktik (PP) yang mempunyai kewenangan di kelas. Meskipun saya juga bertugas sebagai PP namun dalam melaksanakan kegiatan berbagi dan berkolaborasi harus mendapat ijin dari rekan yang PP lain.

Kegiatan berbagi dan kolaborasi bersama Sahabat Teknologi yang kelima ini, terlaksana dengan bertempat di ruang kelas di SMPN 1 Pandak Bantul.  Kegiatan tersebut dihadiri oleh 18 orang guru dari berbagai jenjang baik jenjang TK, SD, SMP dan SMA. Kegiatan pengimbasan praktik baik ini dilaksanakan untuk bisa menjadi referensi praktik pembelajaran di kelas masing-masing berdasarkan jenjangnya.


Kegiatan berbagi dan kolaborasi kali ini saya membagikan praktik baik pembelajaran yakni “Kolaborasi Pembelajaran Berdiferensiasi dan Model PjBL dalam Muatan IPAS”. Dalam kegiatan ini saya memaparkan alasan mengapa kita perlu melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana srategi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi? Bagaimana peaksanaan di kela? Seperti apa diferensiasi proses, konten dan produknya.

Pembelajaran berdiferensiasi dinilai mampu melayani kebutuhan belajar yang berbeda. Pembelajaran yang berlangsung akan  menarik, inovatif dan menyenangkan akan membuat anak senang, tertarik dan tertantang untuk mengikuti pembelajaran. Selain itu siswa akan lebih mudah memahami materi sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kegiatan berbagi semacam ini akan terus kami laksakanan sebagai upaya meningkatkan pembelajaran yang kami lakukan yang pada akhirnya akan bemanfaat untuk siswa.

Pada kesempatan ini ada pertanyaan dari peserta yakni Pak Khamdani dari jenjang SMP bagaimana tentang perbedaan kemampuan murid, lalu bagaimana mengelompokkannya. Kemudian saya coba menjawab pengelompokan bisa dilakukan dengan mengelompokkan berdasarkan kemampuan yakni siswa yang timggi, sedang dan rendah. Murid yang berkemampuan tinggi bisa menjadi tutor bagi temannya sehingga ada pula kolaborasi yang tanpak.

Terima kasih Bapak Ibu guru hebat CGP angkatan 9 Kab. Bantul atas kesempatan berbagi dan berkolaboarsinya. 

Mari berbagi dan berkolaborasi...

“Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”.

 

Indahnya berbagi dan berkolaborasi agar tidak mengendap di diri sendiri…

 

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

 

Posting Komentar

0 Komentar