Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

2B Bersalogi dalam Webinar Series 1 Kombel Garuda Batik #8

 2B Bersalogi dalam Webinar Series 1 Kombel Garuda Batik #8

 

Kombel (Komunitas Belajar) Garuda Batik 22 (Gerakan Guru Muda Berbagi TIK 22) adalah komunitas belajar yang diprakarsai oleh Runner UP PembaTIK Tahun 2022. Pada tahun 2022, peserta Runner Up dari tiap Provinsi diundang untuk mengikuti kegiatan Upgrading Komunitas Penggerak, dan saya sanat bersyukur dan bahagia menjadi peserta wakil dari Provinsi DIY. Kami saling memotivasi dan saling menguatkan dalam upgrade diri agar semakin meningkat kulaitas diri yang bisa kami imbaskan kepada murid-murid dan rekan sejawat di sekitar. Tindak lanjut dari adanya kegiatan tersebut adalah terciptanya komunitas belajar yang kami beri nama Kombel Garuda Batik 22 dan sudah terdaftar di PMM.


Pada tahun 2023 ini, kami kembali mengikuti PembaTIK 2023 dengan tujuan untuk selalu meng-upgrade ilmu dan untuk semakin menjalin silaturahmi dengan berbagai guru di Indonesia. Dari Level 1, 2 dan 3 anggota komunitas selalu mendukung satu sama lain, dan ketika di Level 4 ada 10 orang yang berhasil masuk ke Level 4, yaitu dari : saya sendiri dari DIY, Ibu Gusdepilast Junita Saragih dari Sumatra Utara, Ibu Hasaniah dari Sulawesi Barat, Bapak Antonius Trisanto Tukan dari  Nusa Tenggara Timur, Bapak Marwan dari Sulawesi Selatan, Bapak Erfan Widya S dari Maluku Utara, Bapak Randy Oktari dari Sumatera Selatan, Ibu Lili Suryani dari Jambi, dan Bapak Syarif Firdaus dari Kepulauan Bangka Belitung dan Bapak Panji Setiawan dari Nusa Tenggara Barat.

Sesuai dengan tugas di Level 4, maka para Sahabat Teknologi diminta untuk berbagi dan berkolaborasi tentang praktik baik Inovasi pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya. Dan dari Kombel Garuda Batik 22 mengadakan kegiatan Webinar selama 3 hari yang dimulai pada 14 - 16 Oktober 2023 dengan waktu pelaksanaan pukul 19.00 - 20.30 WIB, dengan judul Webinar adalah "Praktik Baik Pemanfaatan TIK Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka." Dimana untuk 3 sesi berbagi ini, masing-masing saling mendukung dan berbagi peran, baik sebagai narasumber, host, moderator, tim teknis dibalik layar, seksi dokumentasi sampai kepada pembuatan flyer dan publikasi serta pembuatan dan pengiriman sertifikat.



Pada webinar series Kombel Garuda Batik yang perdana ini pada Sabtu, 14 Oktober 2023 kami berbagi tugas. Moderator dibawakan oleh Bu Gusdepilast Sahabat Teknologi 2023 dari Sumatra Utara. Pada pukul 19.00 WIB Bu Gus segera memulai acara. Hadir juga keynote speaker Duta Teknologi dari Bangka Belitung Bapak Dede Sulaiaman yang memberikan motivasi dan arahan. Pada webinar ini saya mendapatkan kesempatan untuk menjadi narasumber berbagi praktik baik. Dua rekan lain yakni Pak Panji Setiawan dari NTB dan Pak Syarif Firdaus dari Babel. Masing-masing mengusung materi yag berbeda yakni

Panji Setiawan Sahabat Teknologi 2023 NTB dengan materi Pemanfaatan TIK dalam P5

Rofiana Sahabat Teknologi 2023 DIY dengan materi Kolaborasi Pembelajaran Berdiferensiasi dan Model PjBL dalam Muatan IPAS 

Syarif Firdaus Sahabat Teknologi 2023 Babel dengan materi Pemanfaatan MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif)

Saya juga membagikan informasi webinar ini pada group WA Sahabat Teknologi 2023 DIY untuk bisa berkolaborasi dan berpartisipasi aktif. Beberapa membersamai saya dalam menyampaikan materi. Pada sesi tanya jawab saya mendapatkan 2 pertanyaan dari Pak Maryadi sahabaat teknologi DIY terkait pemetaan kebutuhan belajar murid di jenjang SD, lalu pertanyan Pak Amir terkait dengan apakah 3 diferensiasi dilaksanakan secara bersama-sama. Saya jawab 2 pernyataan dari peserta dengan dipandu Bu Gus selaku moderator. Di akhir sesi aada teman sahabat teknologi DIY Pak Mas’ud memberikan refleksi dan testimoni terkait webinar yang sudahterlaksana.



Alhamduliilah…webinar ini dihadiri oleh 52 orang guru dari seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan webinar series Kombel Garuda Batik terlaksana berkat komitmen dan tanggung jawab dari semua teman-teman Sahabat Teknologi lintas provinsi saling berbagi tugas, berkolaborasi pada saat persiapa hingga hari H. Sebelumnya sebagai yaang ditunjuk untuk mengelola Kombel Garuda di PMM saya men daftarkan untuk 3 webinar sekaligus agar terekam dan terdaftar di PMM. Hasilnya webinar terlaksana dengan baik meskipun daring dapat terlaksana. Harapannya, dengan sesi berbagi ini apa yang kami sampaikan dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi bapak ibu guru yang lain dan bisa dilaksanakan di kelas masing-masing.

 




Mari berbagi dan berkolaborasi...

“Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”.

 

Indahnya berbagi dan berkolaborasi agar tidak mengendap di diri sendiri…

 

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

Posting Komentar

0 Komentar