Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

Coach Prim Public Speaking Course


Beberapa hari yang lalu saya tertarik untuk mengikuti workshop public speaking dengan coach Primiputri Soerjaatmadja. Tujuan saya mengukuti workshop tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan saya berbicara di depan publik secara sistematis, lancar, percaya diri serta tidak grogi atau demam panggung. Apalagi saya sebagai seorang guru yang tentu saja sering berbicara di depan siswa, orang tua siswa maupun berbicara di depan publik. Dalam rangkaian workshop tersebut, tadi malam saya mengikuti zoom dengan narasumber coach Prim. Zoom dimuali pada pukul 20.00 WIB dibuka dengan doa bersama-sama. Setelah berdoa coach Prim selaku narasumber dipersilahkan untuk berbagi tips dan trik seputar public speaking. Coach Prim menceritakan perjalanan hidupnya dari awalnya beliau adalah seseorang yang minderan dan tidak percaya diri. Unruk mendobrak keterbatasan diri sebagai pribadi yang minder dan tidak percaya diri tidaklah mudah dan membutuhkan keberanian besar dan komitmen yang tinggi.  

Menurut coach Prim ada 7 kunci yang harus dilakukan agar menjadi public speaker yang handal yakni : ubah mindset, tingkatkan level percaya diri, ikuti kursus dan latihan, latihan, miliki mentor, terbuka terhadap feedback serta ambil kesempatan untuk tampil. Mindset yang perlu dimiliki public speaker handal adalah: bidang ini passion saya, saya memilih untuk percaya diri, gaya saya menawan, skill perlu dikembangkan terus, audiens adalah orientasi saya, penerbar energi positif dan memberikan value/nilai kepada orang lain/bermanfaat. Tips ataupun persiapan untuk tampil menjadi menjadi public speaker adalah : stop merebut kemenangan sendiri, yakin pada diri sendiri, ubah cara pandang terhadap diri sendiri, lakukan self talk mnimal 5 menit/hari selama 90 hari berturut-turut, up grade diri ke versi terbaru dan tercanggih, berkumpul dengan orang positif, memodel public speaker yang menurut kita keren, perbaiki penampilan. 

Beberapa kegiatan lain yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan public speaking kita adalah dengan : mempelajari semua teknik dan mempraktekkan, merekam hasil latihan dan lakukan review, berlatih di depan orang lain, mengikuti workshop untuk meningkatkan skill, memiliki mentor yang kompeten, serta mengambil kesempatan untuk berbicara di depan umum. Prinsip sukses ala coach Prim bahwa sukses itu memang tidak instan, butuh proses, butuh D.U.I.T semoga kelak juga menjadi duit yang berkah dan berkelimpahan. D.U.I.T yang dimaksudkan disini adalah D : dedikasi, U : usaha, I: inisiatif serta T: Tuhan. Closing statement dari coach Prim adalah modal dasar yang utama untuk menjadi public speaker adalah percaya diri, tidak boleh tidak. Percaya diri menjadi modal utama memulai menjadi public speaker. Kita yang menjalani, Tuhan yang menentukan dan orang lain yang akan mengomentari.


#150katabercerita #AISEIWritingChallenge

#Dec26AISEIWritingChallenge


Posting Komentar

0 Komentar