Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

Drama Seleksi CPNS 2018#part2



Postingan saya kali ini merupakan kelanjutan postingan sebelumnya. Saya akan melanjutkan membagi pengalaman saya ketika berkesempatan mengikuti seleksi CPNS 2018 lalu. Waktu 90 menit yang disediakan dalam mengerjakan tes SKD berlalu dengan cepat sekali. Soal yang saya kerjakan terlebih dahulu adalah soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi) berjumlah 35 butir, dimana pada ujian hari-hari sebelumnya banyak yang gagal pada tes bagian ini. Memang benar, untuk menjawab soal TKP ini  membutuhkan kecermatan dan pertimbangan dalam menjawab. Selesai menjawab soal TKP saya lanjutkan menjawab soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) berjumlah 35 butir yang juga diramu dengan pilihan jawaban sedemikian rupa yang juga membutuhkan kejelian. Terakhir saya mengerjakan soal TIU (Tes Integensi Umum) yang berjumlah 30 butir. Pada soal TIU untuk soal hitung saya kerjakan belakangan. Saya harus memanfaatkan 90 menit berharga ini dengan sebaik-baiknya. 100 soal telah berhasil saya selesaikan semua. Kira-kira masih tersisa waktu tidak sampai 10 menit untuk meneliti kembali soal yang mungkin saja dianggap masih ragu jawabannya. Ada beberapa jawaban yang saya ubah, entahlah apa menjadi benar atau justru malah salah. 

Waktu ujian selama 90 menit saya habiskan hingga detik terakhir. Saya tidak mengklik tombol selesai meskipun semua saol berhasil saya jawab. Saya menunggu pergerakan waktu hingga detik terakhir. Dan.....jreengg...munculah angka 310 skor ujian saya dengan rincian TWK 105, TIU 75 dan TKP 130. Saya lihat dengan seksama angka yang muncul. Kemudian saya cocokkan dengan aturan ambang batas passing grade SKD bagi pelamar formasi umum yang telah ditetapkan yakni nilai minimal komulatif 298 dengan rincian TWK 75, TIU 80 dan TKP 143. Degg...dan ternyata nilai yang saya peroleh untuk TIU dan TKP tidak lolos ambang batas passing grade, walaupun jumlah keseluruhan melebihi 298 tetap tidak dikatakan lolos passing grade-nyaSeketika reflek saya menoleh ke kanan dan ke kiri melihat layar peserta lain di sebelah kanan dan kiri. Demikianpun dengan mereka melihat perolehan skor peserta lain. Ternyata sama, banyak peserta yang tidak lolos passing grade. Lalu bagaimana perasaan saya? Dimana kesempatan kali ini adalah kesempatan terakhir bagi saya. Akan saya bagikan pada postingan berikutnya!!


#150katabercerita #AISEIWritingChallenge

#Dec6AISEIWritingChallenge

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Mantap, perjuangan yang memacu adrenalin mestinya. hahaha, tapi selamat akhirnya lolos kan? terbukti sekarang sudah PNS noh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...jangan disimpulkan dulu lah..kan kisahnya masih akan saya lanjutkan...

      Hapus
  2. Semangat... 💪💪💪

    BalasHapus
  3. Memacu Ardenalin💪💪💪

    BalasHapus