Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

Tantangan Menulis Geguritan#part2





Dalam postingan kali ini saya masih bercerita dengan tantangan menulis geguritan. Setelah berhasil menuliskan 1 geguritan, saya pun "ketagihan" dan tertantang untuk menulis lagi. Kali ini saya lebih fokus dan juga berdikusi dengan teman saya yang telah mumpuni menulis geguritan dan sudah menerbitkan bebarapa buku geguritan. Sayapun tidak sungkan untuk belajar dengan beliau. Saya berdiskusi via wapri. Dari teman saya, menyarankan sambil membuka kamus "Bausastra Jawa Online". Dan saya membuka kamus ini baru kemarin setelah mendapat informasi dari teman saya. Memang pepatah "Malu bertanya sesat di jalan" memang benar adanya. Jika saya malu bertanya tentu tidak akan mendapatkan informasi berharga ini. 

Pada geguritan kedua yang saya tuliskan, saya terisnpiasi dari peristiwa bencana yang pernah saya alami, yakni banjir (pernah saya posting juga). Kemudian kata demi kata saya tuliskan sehingga tertulislah geguritan saya sebagai berikut : 

Nalikane Banjir Bandhang

Rofiana

 

Nalikane wektu kuwi...

Dina Minggu sore ing wulan Maret

Udan nggrejih nora terang-terang

Dumadakan banyu teka ora dinyana

Ngebaki sawah lan plataran

Uga mlebu ana ing omah-omah

Saka adohe mripat nyawang

Amung banyu kang kimplah-kimplah

 

Banjir bandhang nrajang sak desa

Tekamu njalari wong padha bingung

Golek papan aman kanggo ngungsi

Supaya bisa slamet saka derese banyu

Ora peduli maneh bandha kang ditinggal

Cancut taliwanda age-age nylametke nyawa

 

Banjir teka amarga polah manungsa

Sing ora duweni rasa gemati marang alam

Bisane amung ngrusak

Negor wit ora nganggo petungan

Mbuwang uwuh uga sembarangan

 

Ayo padha gumregah

Njaga alam kanti rasa sing gemati

Nglaksanakake penghijauan

Mbuwang uwuh ora sembarangan

Njaga keselarasan alam

Supaya alam bisa suka

Sing bisa agawe manungsa rena

 

Bantul, 30 Januari 2021


Jika geguritan tersebut di tulis dalam Bahasa Indonesia kira-kira seperti berikut :

Ketika Banjir Bandang


Ketika waktu itu

Hari Minggu sore di bulan Maret

Hujan berhari-hari tidak berhenti

Tiba-tiba datang air tak disangka

Memenuhi sawah dan pekarangan

Juga masuk di rumah

Sejauh mata memandang

Hanya air yang penuh


Banjir bandang menerjang desa

Datangnya menyebabkan orang bingung

Mencari tempat untuk mengungsi

Agar bisa selamat dari derasnya air

Tidak peduli lagi dengan harta benda

Bersegera menyelamatkan nyawa


Banjir datang karena ulah manusia

Yang tidak mempunyai rasa sayang kepada alam

Bisanya hanya merusak

Menebang pohon tanpa perhitungan

Membuang sampah sembarangan


Ayo bersemangat

Menjaga alam dengan rasa sayang

Melaksanakan penghijauan

Membuang sampah tidak sembarangan

Menjaga keselarasan alam

Supaya alam bisa bersuka

Yang bisa membuat manusia bahagia


#150katabercerita  #AISEIWritingChallenge

#Jan31AISEIWritingChallenge




Posting Komentar

6 Komentar

  1. sip, pokoknya menulis. hebat geguritane.

    BalasHapus
  2. Mantaaappp...
    Masih ada tranlate nya...Hihihihihi
    Terimakasih Bu

    Jika membaca tentang nanti, seperti merasakan dejavu 2006 saat saya kelanjutan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya siapkan translate nya dong Pak Indra..

      Hapus
  3. Mantap,saya pikir tadi tdk ada terjemahan..wah repot terpaksa tanya dg mbah "G"
    ternyata eh ternyata ada
    lanjuuut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya donk...harus solutif..kan tetangganya Bu Tedjo..hehe..

      Hapus