Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

Teaching Learning Festival/TLF#Day 1

 

Beberapa hari yang lalu saya membaca informasi flyer mengenai Teaching Learning Festival/TLF yang diselenggarakan oleh HAFECS dengan didukung oleh guruinovatif.id. TLF ini diselenggarakan pada tanggal 21-23 Desember 2020. Saya pun tertarik untuk mengikutinya, karena memang saya sebelumnya pernah beberapa kali mengikuti webinar yang driselenggarakan oleh HAFECS. TLF HAFECS 2020 merupakan sebuah acara festival edukasi yang berskala nasional dan memiliki format acara berupa Seminar, Workshop Online, dan Exhibition dimana akan diadakan selama 3 Hari (21 – 23 Desember 2020). TLF diselenggarakan untuk memperluas wawasan peserta mengenai perkembangan dunia pendidikan, riset, dan pengetahuan dalam dunia pedidikan, serta teknik-teknik pengajaran yang terbaru. Setiap peserta akan mendapatkan pemaparan dari para tokoh pendidikan, praktisi, dan ahli yang berdedikasi tinggi di dunia Pendidikan. Serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan secara online untuk seluruh Indonesia meliputi conference, exhibition, dan workshop.

Pada hari Senin, 21 Desember 2020 sebagai hari pertama festival ini. Dengan mengangkat tema Pendidikan, Inovasi dan Peradaban, pada pukul 09.00 secara resmi TLF ini dibuka oleh Prof. Dr. R. Agus Sartono, MBA selaku deputi Menko PMK. Dalam membuka acara TLF Prof Agus juga menyampaikan beberapa hal yakni dampak pandemi Covid-19 pada sektor pendidikan, pandemi Covid-19 yang mendorong  terjadinya perubahan struktural yang sangat cepat, tantangan pembangunan SDM di era i4.0, serta masa depan pendidikan di tahun 2030. Pada acara pembukaan juga diisi dengan sambutan dari pengamat pendidikan Prof. Ing. Wardiman Djojonegoro (Menteri Pendidikan era 1993-1998) yang juga menyampaikan pendidikan formal dan non formal.  Lembaga pendidikan non formal merupakan mitra dari pendidikan formal dan patut diberikan penghargaan. Salah satu lembaga non formal adalah Lembaga HAFECS yang mempunyai fokus pada peningkatan kualitas guru. Hadir pula rektor UII Prof. Dr. Komarudin Hidayat, MA yang juga memberikan sambutannya dalam acara pembukaan TLF HAFECS.

Setelah acara pembukaan usai dilanjutkan dengan sesi diskusi panel yang diisi oleh narasumber yang telah berpengalaman dalam dunia pedidikan. Sebagai pembicara pertama adalah Drs. H.M. Ali Rahim, M.Pd. yang merupakan Sekjend PB PGRI yang menyampaikan mengenai pendidikan, inovasi dan peradaban. Inti dari sharing ilmu yang disampaikan adalah tentang bentuk inovasi pendidikan yang mencakup inovasi kurikulum dan inovasi pendidik, globalisasi dan pendidikan, industri 4.0, otomatisasi dan SDM Indonesia, keterampilan abad 21, literasi dan numerasi yang dibutuhkan dalam membangun keterampilan abad 21, penerapan HOTS, serta implikasi inovasi dan peradaban dalam pendidikan.  Pembicara kedua disampaikan oleh Dr. Arie Budiman, M.Si. (anggota komisi aparatur negara 2019-2024) yang menyampaikan materi tentang pendidikan bangsa dalam menghadapi tantangan global. Inti dari sharing ilmu yang diberikan yakni kondisi aktual pendidikan di Indonesia, paradigma masa depan Indonesia, perubahan global, kompetensi guru, data neraca pendidikan daerah pada tahun 2016-2019, SDM Indonesia di masa depan serta top 10 keterampilan pada tahun 2025.

Diskusi panel dilanjutkan dengan pembicara ketiga yang disampaikan oleh Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd. (Guru Besar UNJ dan duta UNESCO Indonesia) yang menyampaikan paparan sharing ilmunya tentang fungsi pendidikan, tantangan era globalisasi, sukses pendidikan, ragam potensi kecerdasan, kecenderungan sikap, sentuhan pembelajaran, tahapan pembangunan karakter, serta watak yang penting untuk dikembangkan. Setelah selesai pemaparan dari pembicara ketiga, sesi selanjutnya yaitu sesi tanya jawab dari peserta. Adapun jumlah partisipan yang tergabung dalam zoom 920an peserta. Peserta mengajukan pertanyaan melalui chat yang kemudian dibacakan oleh moderator. Karena keterbatasan waktu, dari banyaknya penanya tidak semua bisa dijawab. Beberapa pertanyaan sebagai perwakilan dari peserta yang dijawab oleh narsum.


#150katabercerita #AISEIWritingChallenge

#Dec22AISEIWritingChallenge

Posting Komentar

2 Komentar