Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

Berkesempatan Diklat IN

 Berkesempatan Diklat IN


Pada hari keduapuluhenam tantangan lomba blog “Menulis di Blog Jadi Buku” ini saya akan melanjutkan postingan saya yang kemarin. Kali ini judul yang saya tulis “Berkesempatan Diklat IN”. Meskipun sebagai GTT saya juga turut serta dalam kegiatan yang menunjang tugas guru serta kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan keprofesian. Pada tahun 2015 Kemendikbud mengadakan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang diikuti oleh semua guru baik yang berstatus PNS maupun honorer. Nama sayapun terdaftar sebagai peserta UKG pada tahun 2015.

Menurut infromasi yang saya baca UKG pada tahun 2015 diselenggarakan dengan tujuan sebagai sarana mengembangkan diri, mengukur diri serta mengembangkan kompetensi. UKG akan mengukur dua dari empat kompetensi guru yakni kompetensi profesional dan pedagogis. Selain itu juga untuk melaksanakan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan dan juga sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru. Setiap guru akan mengerjakan tes secara online melalui komputer. Hasil dari UKG ini akan digunakan untuk memetakan kompetensi guru baik kompetensi profesional maupun pedagogik. Sebelum ujian Kemendikbud juga menginformasikan kisi-kisi yang akan diujikan dalam UKG. Meskipun saat itu saya sebagai GTT yang katanya hasil UKG nanti tidak akan berpengaruh apa-apa saya tetap berusaha mempelajari kisi-kisi yang ada. Bagi saya jika ada kesempatan berusaha mengapa tidak. Saya belajar sambil membuka modul-modul yang saya peroleh dari UT.

Jadwal ujian sayapun tiba. Saat ujian saat itu saya sedang hamil tiga bulan anak yang kedua. Kebetulan saya mendapat lokasi ujian lebih dekat dengan rumah. Meskipun katanya tidak akan ada efek apa-apa hasil UKG untuk GTT saya tetap mengerjakan dengan sebaik-baiknya. Standar nilai UKG saat itu dengan nilai 55. Dikarenakan ujian dilaksanakan secara online, setelah mengerjakan soal nilai akan terlihat. Saya habiskan semua waktu yang disediakan. Saya menunggu sampai nilai muncul. Jika tidak salah ingat saat itu saya memperolah nilai diatas standar yang ditetapkan yakni 68. Setelah tahu hasilnya sayapun bersikap biasa saja, saya pikir tidak akan ada efek apa-apa untuk saya selanjutnya. Setelah selesai mengerjakan ya sudah tidak saya pikirkan lagi.

Beberapa bulan berlalu dari pelaksanaan UKG tidak disangka nama saya masuk dalam daftar peserta yang diikutkan dalam program diklat Instruktur Nasional/IN berdasarkan skor perolehan nilai UKG. Tentu hal ini tidak saya sangka sebelumnya. Mendapat sebuah kesempatan untuk diklat berskala nasional dari Kemendikbud yang diselenggarakan oleh P4TK Matematika. Namun saat itu bebarengan saya pasca melahirkan anak yang kedua. Anak saya ketika itu baru berusia 1,5 bulan. Galau dan bingung antara mau ikut atau tidak. Jika tidak ikut ini kesempatan ini sayang untuk dilewatkan dan tidak semua orang mendapatkan. Jika ikut anak masih terlalu kecil untuk ditinggal seharian bahkan sampai malam jadwal kegiatannya. Saat itu Bu Kepala sekolah memotivasi untuk ikut saja karena ada kesempatan, siapa tahu nanti akan ada manfaatnya untuk nasib ke depannya.

Akhirnya setelah dengan pertimbangan plus minusnya saya ikut diklat IN tersebut selama 9 hari di hotel Pandanaran Jogja. Jadwal kegiatan padat dari pagi hingga malam hari. Saya tidak pernah melewatkan agenda kegiatan yang ada, meskipun saya mempunyai bayi yang masih 1,5 bulan. Meskipun acara sampai malam saya tetap pulang ke rumah. Ibu yang membantu mengasuh anakku ketika kutinggal seharian penuh sampai malam. Saat itu saya masih cuti melahirkan. Selama 9 hari mengikuti diklat pada tanggal 2 - 10 Agustus 2016 saya mendapatkan pengalaman yang berkesan yang sangat menambah wawasan bersama narasumber hebat dan teman-teman yang luar biasa. Dalam batin tentu saya sangat menyesal jika melewatkan tidak mengambil kesempatan ini. Akhirnya sembilan hari berhasil kulalui dan pulang dengan mengantongi sertifikat diklat IN.

 

 

 

Salam Literasi,

 

Rofiana, S.Pd.

SD Pungkuran Pleret Bantul DIY

NPA 11041400010

 

 

Posting Komentar

0 Komentar