Subscribe Us

Rofiana SD Negeri Pungkuran by Rofiana Rofiana

Ademe Gunung Mrapi Purba

 


Pembelajaran semester satu telah usai dengan ditandai penerimaan raport semester gasal 2020/2021. Meskipun dalam situasi pandemi pembelajaran berjalan dengan lancar. Raport telah dibagikan pada hari Jumat tanggal 18 Desember 2020. Dengan waktu yang singkat kurang lebih 5 hari dari selesainya PAS kami harus selesai "menggarap" raport agar bisa dibagikan tepat waktu dari jadwal yang telah ditentukan. Dengan waktu yang singkat kami mengoreski PAS, olah nilai serta input nila. Tentu saja secara manusiawi lelah pikiran dan fisik. Untuk itu kami mengagendakan sekedar refreshing membuang pening setelah daring. Kami memilih lokasi yang dekat saja masih sekitar Jogja. Kami memilih mengunjungi wisata alam Gunung Api Purba di Nglenggeran Patuk Gunung Kidul. 

Pada pukul setengah sembilan bus melaju dengan santai menuju lokasi. Tidak sampai satu jam bus sudah sampai di lokasi yang kami tuju. Jalan berkelok naik turun nan terjal kami lalui. Rupanya pengelola sudah menerapkan jalan satu arah sehingga lebih aman saat berkendara dan meminimalkan resiko kecelakaan. Sampai di lokasi kami disuguhi pemandangan Gunung Api purba yang legendaris nan eksotis. Hamparan bebatuan khas gunung api terpampang menjulang dengan indah dan gagah di depan mata. Tak lupa kami mengabadikan foto sebagai bukti fisik tiba di lokasi ini. Menurut informasi Gunung Api Purba Nglenggeran ini dahulu merupakan gunung api aktif pada 60 jutaan tahun yang lalu. Hal itu bisa dilihat dengan bebatuan khas gunung api yang kini masih gagah menjulang. Tidak cukup berpuas berada di bawah, kami pun naik ke bukit menuju Embung Nglanggeran yang dibangun dengan tujuan untuk irigasi kebun yang ada di sekitar lokasi. 

Indah dan syahdunya suasana di lokasi ini membuat musisi legendaris Alm Didi Kempot mengabadikan dalam salah satu lagu ciptaannya yang cukup hits. Lagu berjudul "Banyu Langit" merupakan lagu yang tercipta dengan inspirasi suasana adem/dingin di lokasi ini. Seperti di syair lagunya yang berbunyi "Ademe Gunung Mrapi Purba melu krungu swaramu ngomongke apa...Ademe Gunung Mrapi Purba sing neng Ngalenggeran Wonosari Yogyakarta". 


#150katabercerita #AISEIWritingChallenge

#Dec18AISEIWritingChallenge

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Pengen berkunjung ke sana! Tulisan sudah oke! Cuma paragrapnya terlalu panjang untuk membaca di hp kurang nyaman!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo Pak...silahkan berkunjung..

      Terimakasih sarannya Pak..

      Hapus